Iklan dempo dalam berita

Jangan Hanya Oli Mesin, Oli Gardan Motormu Juga Wajib Diganti

Jangan Hanya Oli Mesin, Oli Gardan Motormu Juga Wajib Diganti

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Oli atau pelumas merupakan sebuah cairan zat aditif yang sangat berkaitan erat dengan mesin mobil atau motor. Seperti yang kita ketahui oli mesin memiliki jangka waktu tertentu sebelum kualitas oli mesin menjadi semakin berkurang

Banyaknya oli kadang bisa membuat konsumen bingung dalam memilih oli yang tepat untuk digunakan pada motor Honda. Anda harus memilih jenis oli yang tepat untuk motor anda karena penggunaan oli yang salah bisa merusak mesin dan menghilangkan garansi motor anda.

BACA JUGA:Motormu Honda Vario, Ini Rekomendasi Oli Matic dan Manual Sesuai Pabrikan Biar Tambah Joss

Oli mesin memang perlu diganti secara rutin untuk menunjang kinerja sepeda motor, saat oli tidak diganti maka berbagai macam kerusakan akan mengintai sepeda motormu. Akibatnya mesin motor matic terasa lebih getar karena telat oli mesin biasanya disebabkan oleh bearing kruk as yang aus. Pasalnya, sering telat ganti oli mesin membuat volume oli mesin jadi berkurang.

Volume oli mesin motor matic berkurang membuat bearing atau metal duduk yang menempel di kruk as enggak bisa dilumasi dengan maksimal, efeknya jadi cepat aus.

Sebagian besar bearing atau metal duduk yang aus membuat mesin motor matic jadi getar.

BACA JUGA:Jangan Salah, Oli Motor Matic 0,8 L, Bila Berlebih Motor Bisa Overheat

Akibat yang ditimbulkan memang tidak langsung terasa, namun seiring berjalannya waktu anda akan merasakan performa mesin motor anda menurun. Hal tersebut bisa terjadi karena pelumasan mesin menjadi kurang optimal karena volume oli yang mengurang.

Pompa oli pasti akan bekerja lebih keras dan menyebabkan knalpot motor ngebul dan mesin menjadi lebih panas dari biasanya. Tak hanya itu saja, beberapa komponen mesin, seperti silinder, blok, ring piston, dan lain-lain juga akan terkena akibatnya.

Jika dibiarkan dapat menyebabkan turun mesin dan biaya memperbaikinya cukup mahal, karena mesin motor harus dibongkar habis.

BACA JUGA:Hai Vario Lovers, Ini Cara Periksa dan Ganti Oli Honda Vario 125 Kesayanganmu

Berikut Tanda-tanda motor kehabisan oli berikut ini seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Bunyi saat RPM rendah

Bunyi yang keluar saat oli mesin sudah habis akan terdengar seperti benturan dari dua bahan logam, bunyi ini berasal dari katup dan rocker arm yang tidak bisa mendapatkan asupan pelumas dari oli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: