Iklan dempo dalam berita

Palembang Belum Seberapa, Jambi Apalagi, Ini 10 Kota Terpadat di Pulau Sumatera

Palembang Belum Seberapa, Jambi Apalagi, Ini 10 Kota Terpadat di Pulau Sumatera

Foto Istimewa : Kota Medan, Sumatera Utara--

BACA JUGA:Siswa Tonjok Guru Ternyata Sudah Dikeluarkan

8. Kota Batam, Kepri: 1.196.396 Jiwa

Kota Batam masuk salah satu kota terpadat di Sumatera. Wilayah Kota Batam terdiri dari Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang dan pulau-pulau kecil lainnya di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka. 

Pulau Batam, Rempang, dan Galang terkoneksi oleh Jembatan Barelang. Menurut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, jumlah penduduk Batam mencapai 1.196.396 jiwa. 

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Ancam Tidak Perpanjang THL Malas

Kota Batam merupakan bagian dari kawasan khusus perdagangan bebas Batam–Bintan–Karimun (BBK). Batam merupakan salah satu kota dengan letak yang sangat strategis. Selain berada di jalur pelayaran internasional, kota ini memiliki jarak yang sangat dekat dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia.

BACA JUGA:Kelas Kakap. Diparkir Depan Rumah, Truk Hilang Berikut STNK

9. Kota Palembang, Sumsel: 1.686.073 Jiwa

Kota terpadat kedua di Pulau Sumatera yakni Palembang. Kota Palembang adalah ibu kota Provinsi Sumatra Selatan. Kota Palembang memiliki luas wilayah 358,55 km² yang dihuni 1.686.073 jiwa (2021) dengan kepadatan penduduk 4.800 per km². 

BACA JUGA:Diknas Kota Mulai Soroti Lato-lato, Ada Positifnya tapi Jangan di Sekolah

Diprediksikan pada tahun 2030 mendatang kota ini akan dihuni 2,5 Juta orang. kota Palembang juga menjadi salah satu kota tertua di Indonesia. Penduduk Palembang merupakan etnis Melayu dan menggunakan Bahasa Melayu yang telah disesuaikan dengan dialek setempat yang kini dikenal sebagai Bahasa Palembang. 

Namun para pendatang seringkali menggunakan bahasa daerahnya sebagai bahasa sehari-hari, seperti bahasa Komering, Rawas, Musi, Pasemah, dan Semendo. Di Kota Palembang mengalir sebuah sungai yang sangat terkenal yakni Sungai Musi. 

BACA JUGA:Diknas Kota Mulai Soroti Lato-lato, Ada Positifnya tapi Jangan di Sekolah

Sungai ini merupakan salah satu sungai terpanjang di indonesia yakni sekitar 750 km dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian yaitu Seberang Ulu dan seberang Ilir ini merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. 

BACA JUGA:Ini Artis Berdarah Bengkulu, Nomor 3 Salah Satu Selebriti Terkaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: