Iklan dempo dalam berita

Palembang Belum Seberapa, Jambi Apalagi, Ini 10 Kota Terpadat di Pulau Sumatera

Palembang Belum Seberapa, Jambi Apalagi, Ini 10 Kota Terpadat di Pulau Sumatera

Foto Istimewa : Kota Medan, Sumatera Utara--

10. Kota Medan, Sumut: 2.460.858 Jiwa

Nah ini dia kota terdapat di Pulau Sumatera. Yakni Kota Medan, ibukota Sumatera Utara. Kota Medan ini merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya, dan tentu kota terbesar di luar Pulau Jawa. 

Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kuala Namu yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia. 

BACA JUGA:Kapolsek Sebut Banyak Beredar Miras, Begini Respon PH Pelapor, Buntut Operasi Pekat di Manna

Menurut Bappenas, Medan adalah salah satu dari empat pusat pertumbuhan utama di Indonesia, bersama dengan Jakarta, Surabaya, dan Makassar. 

Medan adalah kota multietnis yang mana penduduknya terdiri dari orang-orang dengan latar belakang budaya dan agama yang berbeda-beda. Selain Melayu dan Karo sebagai penghuni awal, Medan didominasi oleh etnis Jawa, Batak, Tionghoa, Mandailing, dan India. 

Mayoritas penduduk Medan bekerja di sektor perdagangan, sehingga banyak ditemukan ruko di berbagai sudut kota. Di samping kantor-kantor pemerintah provinsi, di Medan juga terdapat kantor-kantor konsulat dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, dan Jerman.(tim)

BACA JUGA:PGRI Provinsi Kawal Kasus Murid Tonjok Guru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: