Iklan dempo dalam berita

Sobat Suka Dengan Mobil Tua, Ga Usah Takut Lho! Ini Tips yang Harus Sobat Lakukan

Sobat Suka Dengan Mobil Tua, Ga Usah Takut Lho! Ini Tips yang Harus Sobat Lakukan

--

NASIONAL,RBTVCAMKOHA.COM - Mobil tua perawatan mudah dan murah saat ini masih banyak diminati sebagian kalangan, terutama mereka yang menyukai mobil lawas. Bahkan dalam beberapa tahun belakangan, mobil tua banyak dicari para pecinta otomotif. 

Mobil tua memang memiliki daya tariknya tersendiri, apalagi perawatannya juga cukup mudah dan murah. Meskipun mobil tua sudah berumur atau produksi tahun 80 sampai 90-an, tetapi masih memiliki bodi dan mesin yang prima. Tak kalah dengan mobil-mobil keluaran terbaru.

BACA JUGA:Jangan Salah Oli, Ini Tips Memilih Oli untuk Motor Matic 125cc

Oleh karena itu, jangan remehkan mobil-mobil tua. Sebab, banyak mobil yang sudah berumur tetapi memiliki kualitas mesin yang bagus jika dirawat dengan benar.

Tips pertama yang wajib dilakukan ketika hendak merawat mobil tua adalah melakukan peremajaan komponen. Hal tersebut wajib dilakukan bagi mereka yang sudah membeli mobil atau setidaknya harus diketahui oleh kalian yang baru mau membeli.

Peremajaan komponen yang dimaksud adalah mengganti komponen yang sudah rusak dengan yang baru. Misalnya mengganti komponen kaki-kaki, mesin, sistem pendinginan mesin, dan lain sebagainya. 

BACA JUGA:Wajib Tahu, Begini Cara Sederhana Merawat Motor Matic

Tujuannya agar kondisi mobil tersebut tetap terjaga dan bisa tetap nyaman dipakai. Biasanya komponen yang diganti pun umumnya memang komponen yang rusak akibat usia pakai dan masuk dalam kategori wajar.

Mau rekomendasi mobil tua perawatan mudah dan murah yang masih banyak peminatnya.

1. Toyota Kijang Super

Toyota Kijang Super menjadi mobil tua perawatan mudah dan murah yang digemari masyarakat Indonesia. Mobil sejuta umat di tahun 90-an ini melakoni debutnya di Indonesia pada 1986. 

Seperti diketahui, Kijang merupakan singkatan dari Kerjasama Indonesia-Jepang. Meski Toyota sudah menghadirkan generasi terbaru dari Kijang, tidak mengurangi peminat terhadap Toyota Kijang Super.

Harga Toyota Kijang Super saat ini di pasaran berkisar Rp20 juta hingga Rp45 juta tergantung tahun produksi dan kondisi mobil. Banyak orang yang masih mengincar Toyota Kijang Super karena terkenal memiliki mesin bandel.

Selain itu, perawatan Toyota Kijang Super sangat mudah karena masih menggunakan mesin karburator. Tak hanya itu, suku cadang Toyota Kijang Super juga masih cukup banyak dan murah untuk kategori mobil.

BACA JUGA:Punya Garansi Rangka 5 Tahun, Model Terbaru Honda Scoopy Sukses Memikat Pengunjung IMOS+ 2023

2. Honda Civic Wonder

Mobil tua perawatan mudah dan murah berikutnya yang masih menjadi incaran masyarakat adalah Honda Civic. Dari sekian series Honda Civic, model Wonder-lah yang yang paling banyak diminati. Selain punya mesin bandel, Honda Civic Wonder memiliki desain yang tak habis dimakan zaman meski saat ini sudah banyak pabrikan mobil yang menghadirkan pesaingnya. 

Perawatan mesin Honda Civic Wonder ini juga cukup mudah dan murah. Cukup melakukan pergantian oli dan filternya saja secara berkala sudah membuat Honda Civic Wonder panjang umur.

Harga jual Honda Civic Wonder di pasaran cukup bervariasi, mulai dari Rp30 juta sampai Rp50 jutaan tergantung kelengkapan surat-surat dan kondisi mobilnya.

BACA JUGA:Membanggakan, Pebalap Astra Honda Raih Dua Gelar Juara Nasional di Mandalika Racing Series

3. Suzuki Baleno

Suzuki Baleno generasi pertama menjadi salah satu mobil tua perawatan mudah dan murah yang masih banyak diincar penikmat mobil lawas. Mobil tua yang diluncurkan pertama kali pada 1997 ini dikenal memiliki mesin yang bandel, responsif dan juga irit bahan bakar mobil (BBM). 

Meski tergolong mobil lawas, Suzuki Baleno ini terkenal memiliki tarikan yang kuat dan tidak rewel. Lantaran masuk kategori mobil tua perawatan mudah dan murah, harga Suzuki Baleno generasi pertama dibanderol sebesar Rp29 juta hingga Rp45 jutaan.

4. Toyota Starlet

Sama seperti Honda Civic Wonder, Toyota Starlet juga menjadi mobil tua perawatan mudah dan murah yang masih dikagumi penggemar mobil-mobil lawas lantaran desainnya tak lekang oleh waktu. 

Toyota Starlet yang paling banyak dicari adalah yang desainnya kotak karena harganya mencapai Rp30 jutaan. Sedangkan untuk model dengan bentuk bulat, harganya tembus diangka Rp50 jutaan sampai Rp70 jutaan.

Seri Toyota Starlet ini dikenal memiliki mesin yang bandel dan tidak mudah rusak. Perawatannya juga cukup mudah seperti ganti oli, busi, filter udara maupun fan belt. Selain itu, biaya perawatan mesin dengan karburator ini juga tergolong murah dibandingkan mobil-mobil keluaran terbaru.

BACA JUGA:Nggak Perlu ke Bengkel, Seperti Ini Cara Ganti Oli Motor Vario 125 di Rumah

5. Isuzu Panther

Termasuk dalam kategori mobil tua perawatan mudah dan murah, Isuzu Panther yang masih banyak dijual yakni dengan tahun produksi 1991-1995. Mobil bermesin diesel ini dikenal memiliki mesin yang tangguh dan bandel di berbagai cuaca, termasuk anti banjir. Faktor ini yang membuat Isuzu Panther masih banyak berkeliaran di jalanan meskipun umurnya mencapai 30 tahun.

Mesinnya juga terkenal sangat irit karena berbahan bakar biosolar. Selain mesin yang tangguh, perawatan Isuzu Panther juga tergolong mudah dan murah. Karena cukup melakukan perawatan rutin seperti ganti oli, busi, filter udara maupun fan belt.

Keunggulan lainnya, suku cadang Isuzu Panther juga murah dan masih melimpah di pasaran. Soal harga, Isuzu

6. Toyota Great Corolla

Mobil tua perawatan mudah dan murah berikutnya adalah Toyota Great Corolla. Mobil yang diproduksi pada tahun 1992 ini dibekali mesin tipe 4A yang terkenal bandel dan mudah perawatannya.

Selain itu, suku cadang Toyota Great Corolla juga mudah ditemui di pasaran dengan harga yang tidak terlalu mahal. Harga Toyota Great Corolla dibanderol mulai Rp30 jutaan hingga Rp40 jutaan tergantung tahun produksi dan kondisi mobil.

BACA JUGA:Pemilik Motor Vario 125 Jangan Salah Beli, Ini 7 Rekomendasi Oli yang Cocok untuk Motormu

7. Daihatsu Espass

Pada era 90-an, mobil tua perawatan mudah dan murah ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Sebab, Daihatsu Espass menjadi mobil jenis MPV yang paling laris di pasaran bersama Toyota Kijang.

Mobil produksi tahun 1995 berkapasitas 1.300 cc ini memiliki konsumsi BBM sekitar 12 km/liter. Soal harga, Daihatsu Espass pun tidak begitu mahal di kelasnya. Harga Daihatsu Espass yang ditawarkan di pasaran bervariasi tergantung dari tahun produksi dan kondisi mobil, yakni sebesar Rp15 juta hingga Rp45 juta.

Tips Merawat Mobil Tua

1. Lakukan Peremajaan Komponen

Tips pertama yang wajib dilakukan ketika hendak merawat mobil tua adalah melakukan peremajaan komponen. Hal tersebut wajib dilakukan bagi mereka yang sudah membeli mobil atau setidaknya harus diketahui oleh kalian yang baru mau membeli. Peremajaan komponen yang dimaksud adalah mengganti komponen yang sudah rusak dengan yang baru. Misalnya mengganti komponen kaki-kaki, mesin, sistem pendinginan mesin, dan lain sebagainya. 

2. Rutin Mengganti Oli

Sebisa mungkin pemilik wajib mengganti oli-oli yang ada di mobil secara rutin. Umumnya para pemilik mobil tua ini hanya mengganti oli mesin saja, padahal masih ada oli-oli lain yang juga wajib diganti secara berkala. Misalnya oli transmisi, oli gardan, dan minyak rem. Tujuan dari mengganti oli secara berkala dan tepat waktu untuk menjaga performa mobil tetap terjaga.

BACA JUGA:Masih Sering Mematikan Mesin Motor Matic Pakai Standar Samping? Ini 3 Risikonya, No 3 Paling Bahaya

3. Memeriksa Sistem Pendingin Mesin

Masalah yang kerap dialami oleh mobil tua atau yang usianya sudah lebih dari 10 tahun adalah sistem pendinginan mesin. Banyak ditemui kasus mobil tua yang mogok gara-gara mesin overheat atau terlalu panas. Nah, untuk mencegah hal tersebut kejadian di mobil kalian, ada baiknya selalu rutin memeriksa kondisi sistem pendinginan mesin. Malah lebih bagus lagi kalau dilakukan peremajaan total di sektor ini.

4. Membersihkan Jalur Bensin

Jalur bensin atau bahan bakar sebaiknya dicek secara menyeluruh dan akan lebih jika dibersihkan. Tujuannya untuk memperlancar suplai bahan bakar yang akan dikirimkan ke bagian mesin. Membersihkan jalur bensin lumrah dilakukan oleh para pemilik mobil tua untuk menghindari mesin mogok akibat bahan bakarnya tercampur kotoran. Maklum, mobil tua terkadang memiliki endapan dan kotoran yang ada di tangki.

BACA JUGA:Menjalin persaudaraan dan kebersamaan, 34.377 Bikers Honda Bersatu di HBD 2023

5. Mengecek AC Mobil

Tips selanjutnya dalam merawat mobil tua tentunya jangan lupa mengecek kondisi AC mobil juga ya. AC mobil penting sekali untuk memberikan kenyamanan saat berkendara.Kebayang kan kalau tiba-tiba AC mobil mati saat berkendara di siang hari terik? Duh, rasanya pasti seperti dikukus dan badan akan keringetan. Mereka umumnya hanya memakai mobil dan menganggap jika AC masih dingin berarti tidak perlu dicek. Padahal mengecek kondisi AC juga harus dilakukan berkala untuk menjaga komponen AC tetap dalam kondisi maksimal.

6. Mengecek Kelistrikan

Hal satu ini juga wajib di cek ketika hendak memelihara mobil tua. Kelistrikan mobil yang ideal umumnya memiliki tegangan 12,3 volt hingga 14 volt. Lebih atau kurang dari angka tersebut umumnya ada yang bermasalah di bagian kelistrikan. Cek bagian aki ataupun alternator yang menjadi penghasil listrik di mobil.

Yang pertama bisa menggunakan voltmeter yang di cek ke bagian aki ketika mobil menyala. Lihat tegangan listrik saat mobil stasioner tanpa beban dan dengan beban.Idealnya tegangan mobil tanpa beban berada di 13 sampai 14 volt. Lalu ketika beban seperti AC mobil, lampu utama, radio, wiper, fog lamp dinyalakan, usahakan tegangan tidak boleh di bawah 12 volt. 

BACA JUGA:Kenali, Jika Tanda Seperti Ini Terjadi di Mobilmu, Radiator Rusak dan Minta Diganti

Idealnya saat beban penuh tegangan mobil minimal di angka 12,5 volt. Jika berada di atas itu justru akan lebih baik. Cara kedua bisa menggunakan voltmeter yang dipasang di lubang lighter. Setidaknya kita bisa tahu kisaran tegangan yang dihasilkan saat mobil sedang menyala. 

7. Tips Merawat Mobil Tua, Rutin Dikendarai

Mobil yang rutin digunakan justru punya banyak manfaat, lho. Misalnya, alternator akan mengisi dengan sempurna saat mobil jalan.Ban tetap lentur dan tidak terjadi flat spot, AC dan pendinginan mesin bekerja maksimal, dan yang pasti pemilik mobil akan menjadi lebih senang. Mobil yang sering dipakai justru akan lebih sehat dibanding mobil yang sering diam.

BACA JUGA:Power Steering Mobil Tiba-tiba Terasa Berat? Simak 6 Penyebab dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Umumnya mobil yang lama diam punya masalah di bagian kaki-kaki, bahan bakar, ac, kelistrikan, dan mesin. Mobil tua saat ini sudah termasuk ke dalam kategori mobil hobi, sehingga setidaknya wajib keluar saat di akhir pekan.  Selain itu memanaskan mesin mobil tua merupakan salah satu bentuk perawatan agar tidak terjadi penumpukan bahan bakar dan oli.

(Tim)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: