Iklan dempo dalam berita

Wajib Tahu, Begini Cara Sederhana Merawat Motor Matic

Wajib Tahu, Begini Cara Sederhana Merawat Motor Matic

--

NASIONAL,RBTVCAMKOHA.COM - Hampir mayoritas seluruh penduduk Indonesia memiliki kendaraan roda dua, yaitu sepeda motor. Berbeda dengan tahun 2000an lalu yang trend dengan motor bebek, saat ini tren penggunaan motor matic sudah sangat masif, mulai dari kalangan orang tua hingga anak muda.

Persaingan yang ketat membuat pabrikan motor yang ada di negeri ini berlomba-lomba memasarkan produk motor matic andalannya. Namun masih banyak pengguna sepeda motor matic hanya mampu mengendarai, tetapi kurang dalam segi perawatan yang tujuannya agar sepeda motor tetap awet.

BACA JUGA:Alhamdulilah Turun, Ini Daftar Harga BBM Per 1 November 2023 untuk Seluruh Indonesia

Bila anda pengguna motor matic, sejumlah tips berikut untuk merawat motor matic senantiasa awet dan dapat di praktekan dirumah tanpa harus ke bengkel resmi. Meski tidak jauh berbeda, cara merawat motor matic yang sistem pembakarannya karbulator dan injeksi memiliki kebutuhan khusus yang berbeda.
1. Panaskan mesin motor
Memanaskan mesin motor pada pagi hari berfungsi agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin itu lebih maksimal selama 5 hingga 10 menit.

BACA JUGA:Nih, Harga Terbaru BBM Pertamina Dex, Termurah Berapa?

2. Ganti oli berkala
Mengganti oli merupakan perawatan yang tergolong penting, karena oli menjadi pelumas utama mesin. Biasakanlah untuk melakukan pergantian oli setiap 1000 km dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 km.
Selain itu, gunakanlah oli yang sesuai dengan masing-masing jenis dan tipe spesifikasi motor matic anda.
3. Bensin tidak boleh habis total
Untuk menjaga dan merawat motor matic anda awet dan panjang umur dalam segi pemakaian. Usahakanlah agar sepeda motor matic kesayangan anda tidak sampai kehabisan bensin saat dikendarai.
Kehabisan bensin hingga berhenti total bisa merusak mesin motor, apalagi motor matic anda tipe injeksi.

BACA JUGA:Harga BBM Pertamax Turbo Turun, 3 Provinsi Ini Dijual Rp16.100, Bengkulu?4.Cek vanbelt dan roler
Vanbelt merupkan salah satu komponen penting pada sepeda motor  dengan sistim transmisi otomatis atau matic. Vanbelt yang kondisi sudah tidak bagus bisa putus saat dikendarai dan mengakibatkan motor anda berhenti dan tidak bisa berjalan lagi.
Bila sudah waktunya untuk mengganti vanbelt, sebaiknya anda melakukan pergantian dan yang pastinya gunakanlah suku cadang original agar kualitas terjamin.
5.Perawatan Aki
Aki juga komponen yang sangat penting dan vital pada motor matic. Aki menjadi komponen sebagai penghantar arus listrik. Jika aki sepeda motor matic sudah tidak bisa digunakan, maka anda tidak bisa menghidupkan motor dengan cara menekan tombol starter, melainkan harus di engkol.

BACA JUGA:Harga BBM Pertamax dan Pertamax Turbo Turun, Pertalite Ikut Turun?
6. Jangan Gunakan BBM  Eceran
Penggunaan BBM juga menjadi faktor yang berpengaruh. Pastikan anda menggunakan BBM langsung dari SPBU dan tidak mengisi BBM eceran karena rentan sudah di oplos yang jelas berpengaruh terhadap kinerja pembakaran ruang mesin.
7. Servis rutin di bengkel resmi
Perawatan pada servis berkala motor matic biasanya meliputi penggantian oli, membersihkan karburator dan seting motor. disarankan service pada bengkel resmi honda untuk menanyakan menggenai Aki apakah masih layak, Vanbelt dan roler apakah memerlukan penggantian, dari beberapa hal tersebut tentunya akan semakin baik jika penggunaan suku cadangnya pun dengan yang original. Lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali untuk menjaga performance motor matic anda.

BACA JUGA:3 Provinsi dengan Harga Pertamax Termahal, Rp14.300 Per Liter
8. Perawatan Busi
Busi adalah komponen yang penting dalam sistem pengapian mesin motor. Busi yang baik akan menghasilkan pembakaran yang lebih efisien. Berikut adalah beberapa langkah perawatan busi:
1. Periksa kondisi busi secara berkala. Busi yang baik memiliki elektroda yang bersih dan jarak elektroda yang sesuai. Jika busi terlalu kotor atau elektroda sudah terlalu aus, gantilah dengan busi yang baru.
2. Pastikan busi sudah terpasang dengan benar sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Setelan busi yang salah dapat memengaruhi pembakaran dan kinerja mesin.

BACA JUGA:Paling Murah di Indonesia, di Daerah Ini Pertamax Dijual Rp 12.600
Bila motor matic andan sudah menggunakan sistem pendingin untuk menjaga suhu mesin, maka hal berikut wajib anda lakukan agar sepeda motor anda tetap terawat dan awet.
1. Pastikan level cairan pendingin selalu berada pada batas yang direkomendasikan. Jika level cairan pendingin terlalu rendah, mesin dapat mengalami overheat.
2. Bersihkan radiator secara berkala dari kotoran, debu, dan serpihan yang dapat menghambat aliran udara. Hindari menggunakan air bertekanan tinggi saat membersihkan radiator karena ini dapat merusaknya.
3. Pastikan selang pendingin dalam kondisi baik dan tidak bocor. Selang yang bocor dapat mengakibatkan kebocoran cairan pendingin dan overheat mesin.
4. Ganti cairan pendingin sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan.

BACA JUGA:Kompak Turun, Ini Perbandingan Harga BBM Pertamina, Shell hingga VIVO, Mana Paling Murah?

Cairan pendingin yang lama dapat kehilangan kemampuan pendinginan dan melibatkan risiko overheating.
Dengan mengikuti panduan ini dan melakukan perawatan secara berkala, Anda dapat menikmati pengalaman berkendara yang lebih aman dan menyenangkan serta menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat kelalaian dalam merawat motor Anda.

(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: