Iklan dempo dalam berita

7 Adat Pernikahan Termahal di Indonesia, Mulai Ratusan Juta Hingga Miliaran Rupiah

7 Adat Pernikahan Termahal di Indonesia, Mulai Ratusan Juta Hingga Miliaran Rupiah

7 Adat Pernikahan Termahal di Indonesia, Mulai Ratusan Juta Hingga Miliaran Rupiah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Indonesia adalah sebuah negara kepulauan dengan 17.508 pulau dan didiami oleh lebih dari 360 suku bangsa. Itulah mengapa Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki keanekaragaman suku, budaya, dan ras yang tersebar mulai dari Sabang hingga Merauke. 

Ada banyak sekali upaya yang bisa dilakukan untuk melestarikan adat istiadat dan budaya yang ada di Indonesia, salah satunya adalah dengan menggelar pernikahan tradisional. 

BACA JUGA:9 Pernikahan Ini Tidak Sah Menurut Mazhab Syafii, Nomor 1 Kawin Kontrak

Mulai dari tata cara adat, susunan acara pernikahan, hingga busana dan aksesori yang dikenakan, semuanya harus mengikuti pakem yang telah ada untuk menyempurnakan tradisi yang sudah berlaku secara turun temurun. 

Sebagian besar masyarakat Indonesia pun berusaha memperkenalkan budaya asal mereka lewat gelaran pernikahan tradisional untuk membuatnya lebih bermakna.

Beberapa suku dikenal memiliki tradisi adat pernikahan yang kompleks dan menelan biaya yang tidak sedikit. Tak heran jika biaya pernikahan dalam suku tersebut tergolong sangat tinggi.

BACA JUGA:5 Tradisi Pernikahan Orang Tionghoa, Nomor 2 Penting Bagi yang Masih Jomblo

Meskipun mahal, tradisi tersebut tetap dipertahankan demi melestarikan budaya. Selain itu, makna yang terkandung di dalamnya juga bernilai tinggi. Berikut suku-suku dengan biaya pernikahan adat paling mahal di Indonesia yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Adat Pernikahan Bugis, Sulawesi Selatan

Dalam adat Suku Bugis, mahar pernikahan disebut dengan uang Panaik yang harus dibayarkan oleh calon mempelai laki-laki untuk meminang calon mempelai perempuan. Bagi masyarakat Bugis, uang Panaik menentukan keseriusan dari calon mempelai laki-laki dalam mendapatkan si gadis untuk diperistri.

Jumlahnya disesuaikan dengan beberapa faktor, yaitu garis keturunan si gadis, jenjang pendidikan, pekerjaan, bahkan ada keluarga yang menjadikan kecantikan sebagai penentu besaran uang Panaik. 

Bukan hanya maharnya yang mahal, proses adatnya pun cukup panjang dan meriah karena melibatkan seluruh orang dari keluarga kedua belah pihak hampir di setiap prosesnya. Belum lagi kelengkapan lainnya seperti baju pengantin, catering, dan lain-lain.  Karena itu total biaya pernikahan suku Bugis bisa mencapai ratusan juta bahkan miliaran rupiah.

BACA JUGA:Sejarah Tradisi Amplop Undangan Pernikahan, Dulunya Simbol Gotong Royong Sekarang Transaksi Untung Rugi

2. Adat Minangkabau, Padang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: