Iklan dempo dalam berita

7 Adat Pernikahan Termahal di Indonesia, Mulai Ratusan Juta Hingga Miliaran Rupiah

7 Adat Pernikahan Termahal di Indonesia, Mulai Ratusan Juta Hingga Miliaran Rupiah

7 Adat Pernikahan Termahal di Indonesia, Mulai Ratusan Juta Hingga Miliaran Rupiah--

Jika pada umumnya pihak calon pengantin laki-laki yang lebih dulu mendatangi keluarga calon pengantin perempuan, Suku Padang sebaliknya. Dari perkenalan sampai ke proses lamaran, pihak keluarga perempuan yang memulai.

Tidak hanya keluarga yang terlibat dalam prosesi penyambutan hari pernikahan, tapi juga warga sekitar rumah dan juga para kepala adat, karena itu tradisi pernikahan suku Padang termasuk mahal.

Pernikahan dalam adat Padang memiliki serangkaian upacara seperti Malam Bainai oleh mempelai perempuan yang dilakukan sebelum pernikahan. Ini merupakan ritual menghias tangan calon pengantin perempuan dengan inai (pacar) untuk menunjukkan kasih sayang pada para sesepuh.

Kemudian dilanjutkan dengan Manjapuik Marapulai, yaitu parade atau arak-arakan penjemputan pengantin laki-laki ke tempat pernikahannya. Besaran biaya yang harus disiapkan dapat mencapai angka ratusan juta untuk upacara adat Minangkabau.

BACA JUGA:Unik dan Nyeleneh, Tradisi Pernikahan Ini Hanya Ada di Afrika, Tidak Mungkin Terjadi di Indonesia

3. Pernikahan Adat Banjar, Kalimantan Selatan

Pernikahan dalam Suku Banjar dikenal mahal karena proses pernikahan yang meriah dan cukup panjang. Mulai dari pihak keluarga, orang sekitar tempat tinggal hingga tokoh-tokoh adat, semuanya dilibatkan.

Jika ingin menikah dengan upacara adat Banjar harus menyiapkan biaya lebih saat memberikan mahar atau dalam bahasa Banjar disebut Maatar Jujuran. Uang Jujuran ini nantinya digunakan untuk keperluan pesta pernikahan serta perlengkapan rumah tangga untuk digunakan oleh kedua mempelai kelak.

Jadi pada dasarnya uang Jujuran merupakan modal berumah tangga yang disediakan oleh pihak laki-laki. Pasalnya, pengantin laki-laki yang nantinya akan menjadi kepala rumah tangga.

4. Pernikahan Adat Nias

Suku Nias juga menerapkan mahar dengan nominal tertentu dalam pernikahan. Semakin tinggi tingkat pendidikan calon pengantin perempuan, semakin tinggi pula mahar yang harus diberikan.

Untuk melamar saja, mempelai laki-laki harus menyiapkan mahar berupa babi. Biasanya, warga setempat menerapkan standar mahar setara dengan 25 ekor babi. Selayaknya kambing, babi pun punya pasaran harga yang cukup mahal, yakni mencapai 1-2 juta rupiah per ekor.

Jika ternyata mempelai laki-laki tidak dapat membayar mahar sesuai dengan perjanjian tersebut, maka ia harus mengabdi kepada mertua hingga mahar tersebut dianggap telah lunas.

BACA JUGA:3 Kepercayaan Orang Jawa Tentang Pernikahan yang Membawa Rezeki, Termasuk Larangan Melangkahi Kakak

5. Adat Batak, Sumatera Utara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: