Iklan dempo dalam berita

Deretan Mitos Rebo Wekasan, Salah Satunya Hari Diturunkan Bala Bencana untuk Setahun

Deretan Mitos Rebo Wekasan, Salah Satunya Hari Diturunkan Bala Bencana untuk Setahun

Amalan pada rebo wekasan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tradisi dan mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat Indonesia masih banyak. Salah satunya yakni mitos tentang Rebo Wekasan. 

Rebo Wekasan menjadi tradisi yang dilakukan masyarakat di beberapa daerah di Indonesia. Tradisi Rebo Wakasan sampai saat ini masih dilakukan oleh masyarakat di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Banten. 

Rebo Wekasan sendiri merupakan Rabu terakhir di bulan Safar atau Shafar. Tahun ini Rebo Wekasan jatuh pada 13 September 2023, di bulan Safar 1445 H.

Tradisi Rebo Wakasan sudah berlangsung secara turun-temurun di kalangan masyarakat Jawa, Sunda, Madura, dan lainnya. Umumnya, tradisi ini dilakukan dengan menjalani sholat dan berdoa. 

Masyarakat yang melakukan sholat ini memohon keselamatan dari berbagai bencana dan juga penyakit. 

Bagi sebagian orang, Rebo Wekasan dianggap sebagai hari keramat dan menakutkan. Pasalnya mereka meyakini bahwa pada hari itu akan ada bencana yang datang. 

BACA JUGA:Benarkah Ada Musibah di Rebo Wekasan? Ini Penjelasan dan 3 Amalan yang Dianjurkan

Tak heran banyak beberapa mitos yang juga dipercaya masyarakat pada saat Rebo Wekasan berlangsung.

 

Berikut ini deretan mitos Rebo Wakasan yang masih banyak dipercayai masyarakat di Indonesia, yang dirangkum dari beberapa sumber: 

 

1. Dilarang Keluar Rumah 

 

Mitos selanjutnya yang dipercaya ialah dilarang pergi keluar rumah saat Rebo Wekasan. Hal ini lantaran jika bepergian keluar rumah dipercaya akan mendapatkan musibah seperti kecelakaan dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: