Iklan dempo dalam berita

PAHAMI! Uang dari Aplikasi Game Online Apakah Halal? Ini Penjelasan Lengkapnya

PAHAMI! Uang dari Aplikasi Game Online Apakah Halal? Ini Penjelasan Lengkapnya

Hukum uang yang didapati dari game online--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini informasi penting dan menarik. Kita semua harus mengetahui bahwa hukum asal dari akad muamalah itu pada dasarnya adalah boleh, dengan catatan selagi tidak ada unsur-unsur yang diharamkan di dalamnya. Apa pun bentuk muamalah itu. 

Terkait dengan permainan atau gim daring (online game) atau yang secara populer disebut game online, hukum asal dari permainan ini juga adalah boleh, selagi tidak ada illat (alasan dasar) keharaman yang menjadikan game online itu berubah menjadi alat malahi. Apa itu alat malahi?

BACA JUGA:Sangat Mudah, Ini Cara Pinjam Uang di OVO Tanpa KTP Sampai Rp 10.000.000

Alat malahi sering juga disebut dengan istilah alat al-lahwi, yaitu alat yang ditujukan semata untuk bersenda-gurau sehingga melalaikan penggunanya dari berdzikir kepada Allah SWT.

Maksud dari lalai berdzikir ini adalah lalai dari sholat, sebab Allah telah menegaskan dalam firman-Nya, yang ditafsiri oleh Syekh Abu Zahrah dalam kitab Zahratu al-Tafasir sebagai berikut:

“Dan jadilah kalian termasuk orang-orang yang bersujud! Maksudnya: teruslah kamu bersikap khudlu’ (merendahkan diri) kepada Tuhan Semesta Alam! Dan sujud di sini bisa kita tafsirkan dengan makna merendahkan diri secara mutlak kepada Allah SWT. Sikap rendah diri dihadapan Allah, dan mengingat (berdzikir) semata karena Allah merupakan sarana tenangnya hati. Dan Allah SWT telah berfirman: Ingatlah, bahwa dengan berdzikir kepada Allah SWT adalah sumber ketenangan hati. Atau kita juga bisa menafsirkan bahwa sesungguhnya yang dimaksud jadilah kamu termasuk orang-orang yang bersujud itu adalah sujud di dalam shalat. Oleh karenanya, makna dari perintah itu adalah seolah jadilah kamu terus menerus dalam shalatmu, karena shalat merupakan solusi bagi segala kesusahan, hilangnya duka cita, dan jalan keluar dari keprihatinan.” (Zahratu al-Tafasir, terbitan Dar al-Fikr al-Araby, juz 8, halaman 4118).

BACA JUGA:Ini Cara Pinjam Uang di GoPay dengan Gampang, Bunganya Rendah Cair Sampai Rp 15.000.000

 

Hukum Uang dari Bermain Game Online

 

Syekh Abu Zahra menjelaskan bahwa penafsiran kedua ini dilandasi pada sebuah keterangan atsar, yang menyatakan: 

 

كان النبي - صلى الله عليه وسلم - إذا حزبه أمر فزع إلى الصلاة

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: