Iklan dempo dalam berita

Tolong Simak Baik-baik, Gosip dan Ghibah Itu Dosanya Dihitung Tiap Kata yang Diucapkan

Tolong Simak Baik-baik, Gosip dan Ghibah Itu Dosanya Dihitung Tiap Kata yang Diucapkan

Tolong Simak Baik-baik, Gosip dan Ghibah Itu Dosanya Dihitung Tiap Kata yang Diucapkan--

3. Disiksa dalam kubur

Memang selama hidup di dunia, balasan bagi orang-orang yang suka berghibah tidak terasa. Namun dalam salah satu hadis menceritakan tentang siksa kubur bagi orang-orang yang suka membicarakan orang lain.

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ طَاوُسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا مَرَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى قَبْرَيْنِ فَقَالَ إِنَّهُمَا لَيُعَذَّبَانِ وَمَا يُعَذَّبَانِ مِنْ كَبِيرٍ ثُمَّ قَالَ بَلَى أَمَّا أَحَدُهُمَا فَكَانَ يَسْعَى بِالنَّمِيمَةِ وَأَمَّا أَحَدُهُمَا فَكَانَ لَا يَسْتَتِرُ مِنْ بَوْلِهِ قَالَ ثُمَّ أَخَذَ عُودًا رَطْبًا فَكَسَرَهُ بِاثْنَتَيْنِ ثُمَّ غَرَزَ كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا عَلَى قَبْرٍ ثُمَّ قَالَ لَعَلَّهُ يُخَفَّفُ عَنْهُمَا مَا لَمْ يَيْبَسَا

Dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma bahwa: Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam berjalan melewati dua kuburan lalu Beliau bersabda: "Keduanya sungguh sedang disiksa, dan tidaklah keduanya disiksa disebabkan karena berbuat dosa besar. Kemudian Beliau bersabda: "Demikianlah. Adapun yang satu disiksa karena selalu mengadu domba sedang yang satunya lagi tidak bersuci setelah kencing." Ibnu 'Abbas radhiallahu 'anhu: "Kemudian Beliau mengambil sebatang dahan kurma lalu membelahnya menjadi dua bagian kemudian menancapkannya pada masing-masing kuburan tersebut seraya berkata:"Semoga diringankan (siksanya) selama batang pohon ini masih basah". (HR. Bukhari)

Ini Cara Menghindari Ghibah atau Gosip

Ghibah artinya adalah membicarakan aib dan keburukan orang lain tanpa sepengetahuan orang yang bersangkutan. Ghibah adalah perbuatan yang berdosa, yang bahkan kadar dosanya lebih dosa dari berzina. Oleh karena itu, penting bagi kita, khususnya muslim, untuk menghindari perbuatan ghibah.

Ada sejumlah cara untuk menghindari perbuatan ghibah, antara lain sebagai berikut:

1. Memperbanyak ibadah

Dengan memperbanyak ibadah, seperti shalat sunnah, dzikir, atau mengikuti kajian di majelis taklim, kita tidak akan punya banyak waktu untuk membicarakan keburukan orang lain.

2. Diam atau menanggapi 

Salah satu cara menghindari berghibah yaitu diam. Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam." (Muttafaq 'alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

3. Fokus pada diri sendiri

Fokus pada diri sendiri artinya, kita harus sadar juga bahwa ada banyak kekurangan dan kelemahan yang ada pada diri sendiri. Sehingga kita juga wajib memperbaiki kekurangan tersebut dengan berbagai cara, seperti belajar, berlatih, mengikuti pengajian, dan sebagainya.

Dengan fokus memberpaiki diri dengan berbagai macam kegiatan positif, kita tidak akan punya waktu untuk melakukan perbuatan ghibah. Di samping itu, akan ada lebih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari berbagai macam kegiatan positif yang bisa kita lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: