Iklan dempo dalam berita

Hindari Foya-foya dan Maksiat, Ini 9 Amalan Dianjurkan Malam Takbiran Sampai Lebaran

Hindari Foya-foya dan Maksiat, Ini 9 Amalan Dianjurkan Malam Takbiran Sampai Lebaran

Foto IST_--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini informasi penting. Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Keagamaan KH Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur) mengajak umat Islam untuk menghidupkan malam takbiran atau malam Hari Raya Idul Fitri sampai keesokan harinya dengan amalan-amalan yang dianjurkan.

BACA JUGA:Puasa Syawal 2023 Kapan Dimulai, Ini Jadwal dan Niatnya

Gus Fahrur kemudian menyebutkan beberapa amalan-amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan seorang Muslim di malam takbiran sampai tiba hari lebaran. 

“Ya ada beberapa amalan yang dianjurkan. Jauhi berfoya-foya dan berbuat maksiat di hari lebaran,” kata Gus Fahrur seperti dirilis dari NU Online.

BACA JUGA:Termasuk Indonesia, Ini 13 Negara Muslim yang Tetapkan Idul Fitri Sabtu 22 April 2023

Berikut amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada malam takbiran sampai hari lebaran: 

1. Menghidupkan malam hari raya dengan amalan sunnah 

Anjuran Gus Fahrur yang pertama ini, sesuai dengan pandangan Syekh Sa‘id bin Muhammad Ba‘asyin dalam kitab Busyral Karim, dikutip Wakil Sekretaris LBM PBNU Ustadz Alhafiz Kurniawan dalam tulisan berjudul Ini Cara Syar'i Hidupkan Malam Idul Fitri. 

"(Kita) dianjurkan untuk menghidupkan dua malam Id sekalipun jatuh pada hari Jumat dengan pelbagai jenis ibadah seperti sembahyang, tadarus, atau zikir berdasarkan hadits, ‘Siapa yang menghidupkan dua malam Id, maka Allah akan menghidupkan hatinya pada hari di mana hati manusia mati.’ 

BACA JUGA:Jemaah Muhammadiyah Rejang Lebong Laksanakan Salat id di 6 Lokasi

Kesunahan itu dianggap memadai dengan menghidupkan hampir semalam suntuk ibadah, dengan sembahyang Isya dan Subuh berjamaah, atau bahkan sekadar sembahyang Subuh berjamaah,” demikian penjelasan Syekh Sa'id bin Muhammad Ba'asyin. 

2. Memperbanyak takbiran 

Di malam hari raya, kata Gus Fahrur, hendaknya setiap Muslim mengumandangkan takbir sebanyak-banyaknya. Sebab hal ini sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Dilansir NU Online dalam artikel berjudul Hukum dan Macam Bacaan Takbir Hari Raya disebutkan bahwa anjuran memperbanyak membaca takbir atau lazim disebut takbiran ini datang dari Rasulullah dalam sebuah haditsnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: