Iklan dempo dalam berita

Kades dan Lurah Kerap Dianggap Sama, Ini Perbedaannya, Gajinya Lebih Besar Siapa?

Kades dan Lurah Kerap Dianggap Sama, Ini Perbedaannya, Gajinya Lebih Besar Siapa?

Kades dan Lurah Kerap Dianggap Sama, Ini Perbedaannya, Gajinya Lebih Besar Siapa?--

 

 *B. Perbedaan Kades dan Lurah* 

 

- Kades menjabat sebagai pemimpin desa. Sedangkan lurah adalah perangkat pemerintah kota atau kabupaten yang bertugas di wilayah kelurahan.

 

- Perbedaan kades dan lurah di antaranya terletak pada status kepegawaiannya. Kepala desa serta stafnya tidak berstatus sebagai pegawai negeri, umumnya bekerja secara swadaya. Sedangkan lurah dengan stafnya adalah PNS yang digaji oleh APBD kabupaten/kota.

 

BACA JUGA:Gaji Kades dan Perangkatnya Terbaru 2023, Cek juga Tunjangan, Hak dan Wewenang Kades

 

- Kades ditunjuk melalui proses pemilihan yang dilakukan warga. Sedangkan lurah atau pemimpin kelurahan, ditunjuk langsung oleh wali kota atau bupati.

 

- Kades dapat menjabat selama enam tahun dalam satu periodisasi terhitung sejak pelantikannya, bahkan dapat menjabat selama 3 periode atau 18 tahun. Lurah sesuai dengan peraturan, minimal seorang PNS golongan III C dan bisa menjabat minimal selama 10 tahun. Kelurahan umumnya berada di wilayah perkotaan hingga sub-urban dan biasanya warga kelurahan tak memiliki ikatan batin yang kuat satu sama lain. Pada level pedesaan, biasanya warga memiliki prinsip kebersamaan yang masih lekat di masyarakat.

 

- Lurah bertanggung jawab terhadap Camat, sedang kades hanya dikoordinasikan oleh camat atau tidak memiliki tanggung jawab terikat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: