Iklan dempo dalam berita

Semarak Tahun Baru Islam, Inilah Tradisi Unik 1 Muharram di Sulawesi

Semarak Tahun Baru Islam, Inilah Tradisi Unik 1 Muharram di Sulawesi

Tradisi 1 Muharram di Sulawesi --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Semarak tahun baru islam, inilah tradisi unik 1 Muharram di Sulawesi.

Tradisi adalah serangkaian kebiasaan, adat, atau praktik yang diwariskan dari generasi ke generasi dalam suatu masyarakat.

Menyambut tahun baru Islam, sejumlah daerah di Indonesia memiliki tradisinya khusus. Misalnya tradisi tahun baru Islam di Sulawesi.

BACA JUGA:Ada 12 Amalan di Bulan Muharram Sesuai Sunnah! Salah Satunya Menunaikan Sholat Tasbih

Di Sulawesi, ada beberapa tradisi yang dilakukan jelang tahun baru Islam. Tradisi-tradisi ini tetap eksis hingga saat ini, menjadi bagian integral dari budaya dan identitas masyarakat setempat, serta mencerminkan kekayaan dan keragaman budaya Indonesia.

Tradisi 1 Muharram di Sulawesi memiliki makna dan sejarah yang menarik. Pada tanggal 1 Muharram, umat Islam di Indonesia merayakan momen ini dengan berbagai kegiatan, salah satunya adalah pawai obor 1.

BACA JUGA:Ruas Tol Indrapura–Kisaran Tuntas, Perjalanan Lebih Cepat Terpotong 2 Jam

Dikutip dari laman resmi Dikutip dari buku Tradisi Masyarakat Islam di Sulawesi Selatan karya Ahmad Saransi berikut ini tradisi tradisi 1 muharram di Sulawesi:

1. Tradisi Pawai Obor 1 Muharram

Pawai obor dilaksanakan pada hari pertama dalam kalender Islam, yaitu 1 Muharram. Tradisi ini dimaksudkan untuk menyambut tahun baru Islam dengan rasa syukur karena bergantinya tahun baru.

Tahun baru Islam memiliki makna penting karena memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Masyarakat Indonesia merayakan momen ini dengan pawai obor secara bersama, menyambut awal 1 Muharram dengan sukacita dan gembira1.

BACA JUGA:Konsisten Terapkan Prinsip Keberlanjutan, Skor ESG Risk Rating Sustainalytics BRI Semakin Mantap

Makna Tradisi Pawai Obor 1 Muharram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: