Iklan dempo dalam berita

Ingin Punya Rumah Cicilan? Begini Simulasi KPR BRI yang Harus Kamu Tahu!

Ingin Punya Rumah Cicilan? Begini Simulasi KPR BRI yang Harus Kamu Tahu!

Syarat dan simulasi KPR BRI tahun 2024--

Ini berarti, kamu harus membayar uang muka minimal sebesar 10 persen dari harga jual rumah. Semakin besar uang muka yang kamu berikan, semakin kecil cicilan yang perlu kamu bayarkan.

2. Jatuh Tempo atau Tenor

Tenor menjadi aspek berikutnya yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mengajukan KPR di bank. Jangka waktu atau tenor sendiri adalah lama waktu pinjaman yang diberikan sampai kamu bisa melunasi semua cicilan rumah incaran. 

BACA JUGA:Eits Jangan Salah Pilih dan Tertipu, Ini 6 Jenis Merek Logam Mulia Terbaik di Indonesia

Pilihan tenor bisa mulai dari 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun, dan beberapa memberikan jatuh tempo hingga 25 tahun. Semakin lama tenornya, semakin kecil pula angsuran yang wajib kamu bayarkan. 

Namun, tenor juga dipengaruhi oleh usia ketika kamu mengajukan KPR. Semakin tua usia, tentunya tenor yang diberikan akan semakin pendek. Inilah mengapa, usia ideal untuk mengambil KPR adalah 25 tahun.

3. Berdasarkan Jenis KPR

Cara menghitung KPR BRI juga dipengaruhi oleh jenis KPR yang kamu pilih. BRI menawarkan dua bentuk KPR, yaitu KPR subsidi dan KPR nonsubsidi. KPR Subsidi biasanya ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin memiliki rumah. 

Oleh karena itu, bunga yang dibebankan untuk jenis KPR ini akan relatif sama setiap tahun. Sementara itu, jenis KPR nonsubsidi biasanya mengadaptasi bunga mengambang dengan besaran yang berbeda setiap tahun.

BACA JUGA:7 Cara Mengatasi Trauma Perselingkuhan! Salah Satunya Lakukan Perawatan Diri

4. Besaran Biaya Bunga

Simulasi KPR BRI, baik untuk bank konvensional maupun BRI Syariah umumnya memakai dua jenis bunga, yaitu bunga tetap dan bunga mengambang. Besaran bunga yang dibebankan untuk jenis KPR subsidi yaitu sebesar 5 persen sampai masa jatuh tempo selesai. 

Sementara itu, KPR nonsubsidi memberikan beban bunga sebesar 6,5 persen pada tahun pertama. Lalu, tiga tahun selanjutnya, besaran bunga akan naik menjadi sekitar 9,5 persen. Sudah pasti, apabila terjadi keterlambatan membayar cicilan, kamu akan dikenai denda KPR.

Simulasi Perhitungan

Cara menghitung KPR BRI kini bisa lebih mudah dilakukan secara daring. Kamu bisa memanfaatkan fitur simulasi KPR BRI yang tersedia di halaman resmi BRI. Cara menggunakannya bisa dengan mengikuti langkah berikut ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: