Iklan dempo dalam berita

Akhir dari Rangkaian Haji! Ini Hikmah Tahallul, Bersihkan Diri dari Perbuatan Dosa

Akhir dari Rangkaian Haji! Ini Hikmah Tahallul, Bersihkan Diri dari Perbuatan Dosa

Makna Tahallul dalam rangkaian ibadah haji--

Dari tahallul Anda dapat belajar, untuk menambah keimanan pada Allah SWT. Layaknya membersihkan diri dari perbuatan dosa, keburukan, sifat yang tidak baik dalam diri kita, dan berupaya untuk memperbaiki amalan yang dahulu sering Anda lupakan sebelum menunaikan haji dan umrah.

Tentunya ibadah yang Anda kerjakan selama haji atau umrah akan semakin meningkatkan semangat Anda untuk beribadah.

BACA JUGA:Salah Satu dari Bagian Rukun Haji, Ini Hikmah Melempar Jumrah, Bukan hanya Simbol Pengusiran Setan

Perintah Tahallul bagi orang yang ihram haji atau umrah antara lain mendasari pada firman Allah dan beberapa hadis Nabi: 

“Latadkhulunnal masjidalharoma in syaa Allahu aaminiyna, muhalaqiyna ruuuwsakum wamuqassiriin”. 

Artinya "Kamu pasti akan memasuki Masjidil Haram, jika Allah menghendaki dalam keadaan aman, dengan menggundul rambut kepala dan memendekkannya". (QS. Al-Fath :  27). 

“Anna rosuwlallahi sollallahu 'alayhi wasallama khoraja mu'tamira fahaala kuffaaru quraysyi baynahu wabaynalbayti fanahara hadyahu wahalaqa rasahubilhudaybiyah”.

Artinya "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berangkat umrah, kemudian orang kafir quraisy menghalangi antara beliau dan Baitullah, lantas beliau sembelih sembelihannya, beliau cukur kepalanya di Hudaibiyah" (HR. Bukhari) 

BACA JUGA:Ayo Daftar, Ini 5 Jalur Seleksi Mandiri UNS 2024 yang Masih Dibuka, Cek Syartanya

"Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mencukur rambutnya pada haji Wada" (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun cara melaksanakan tahallul adalah dengan memangkas sebagian rambut atau seluruhnya. Sebagai dasarnya adalah firman Allah SWT dalam Q.S. Al Fath ayat 27 yang artinya:

“Sesungguhnya kamu tetap memasuki Masjidil Haram (pada masa tertentu ) dalam keadaan aman (menyempurnakan ibadah) dengan mencukur kepalamu, atau jika tidak menggunting sedikit rambutnya..”

Tentang tahallul ini, para ulama bersepakat bahwa tahallul dibagi menjadi 2 cara yakni:

1. Tahallul pertama atau dikenal dengan tahallul awal serta tahalul kedua atau tahallul tsani.  Secara singkat, tahallul pertama adalah ketika saat jamaah telah mengerjakan dua dari tiga amalan haji yakni melempar jumrah Aqobah, mencukur rambut dan thawaf ifadhah.

BACA JUGA:Salah Satu dari Bagian Rukun Haji, Ini Hikmah Melempar Jumrah, Bukan hanya Simbol Pengusiran Setan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: