Iklan dempo dalam berita

Jadwal Puasa Idul Adha 2024, Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamaannya

Jadwal Puasa Idul Adha 2024, Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamaannya

Jadwal Puasa Idul Adha 2024, Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamaannya--foto:ist

Artinya: "Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki."

BACA JUGA:Ini Sejarah Kurban dan 5 Jenis Hewan yang Bisa Dijadikan Kurban Idul Adha

Doa buka puasa versi kedua ini dinilai lebih shahih seperti tertuang dalam Kitab Sunan Abu Dawud.

Keutamaan Puasa 10 Hari Dzulhijjah Sebelum Idul Adha

- Pada hari pertama Dzulhijjah, di mana Allah SWT mengampuni Nabi Adam AS, maka siapa yang berpuasa pada hari itu Allah SWT akan mengampuni segala dosa-dosanya.

- Pada hari kedua Dzulhijjah, yakni hari ketika Allah SWT mengeluarkan Nabi Yunus AS dari perut ikan besar, maka siapa yang berpuasa pada hari itu seperti beribadah setahun serta bersih dari perilaku maksiat dan dosa.

- Pada hari ketiga Dzulhijjah, Allah SWT mengabulkan doa Nabi Zakaria, maka siapa yang berpuasa pada hari itu pasti doanya dikabulkan oleh Allah SWT.

- Pada hari keempat Dzulhijjah, adalah hari lahirnya nabi Isa AS, maka siapa yang berpuasa pada hari itu, Allah SWT akan menghilangkan kesusahan dan kefakirannya dan kelak di hari kiamat akan bersama dengan para perantau yang baik lagi mulia (Safaratul Kiraa-mil Bararah).

- Pada hari kelima Dzulhijjah, Nabi Musa AS dilahirkan, maka siapa yang berpuasa pada hari itu akan terbebas dari sifat nifak dan siksa kubur.

- Pada hari keenam Dzulhijjah, Allah SWT membuka kebaikan bagi Nabi-Nya, maka siapa yang berpuasa pada hari itu Allah SWT akan memandangnya dengan penuh rahmat dan sesudah itu tidak disiksa selamanya.

- Pada hari ketujuh Dzulhijjah, semua pintu neraka Jahanam ditutup dan tidak terbuka hingga habis sepuluh awal bulan Dzulhijjah. Maka siapa yang berpuasa pada hari itu, Allah SWT menghindarkan dirinya dari 30 pintu kesulitan dan membuka baginya 30 pintu kemudahan.

- Pada hari kedelapan Dzulhijjah, dikenal juga sebagai hari Tarwiyah. Siapa yang berpuasa pada hari ini, Allah SWT akan memberikan pahala sebesar-besarnya tiada yang mengetahui jumlahnya kecuali Allah SWT.

- Pada hari kesembilan Dzulhijjah atau hari Arafah, orang yang berpuasa pada hari ini dapat menebus dosanya pada setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

BACA JUGA:Idul Adha, Begini Tata Cara dan Hukum Kurban Ketika Menunaikan Ibadah Haji

Demikianlah ulasan mengenai jadwal puasa Idul Adha 2024, lengkap dengan tata cara dan keutamannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: