Iklan dempo dalam berita

Alasan Kenapa Dianjurkan Tidak Makan Sebelum Shalat Idul Adha dan Amalan- amalan Sunnah di Idul Adha

Alasan Kenapa Dianjurkan Tidak Makan Sebelum Shalat Idul Adha dan Amalan- amalan Sunnah di Idul Adha

Alasan Tidak Makan Sebelum Shalat Idul Adha--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM –  Pada hitungan hari umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha, yang juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban atau Hari Raya Haji. Alasan kenapa dianjurkan tidak makan sebelum shalat Idul Adha serta amalan- amalan yang dapat dilakukan lainnya.

BACA JUGA:Tabel KUR BRI 2024 Pinjaman Rp 10 Juta, Ini Syarat yang Harus Debitur Persiapkan

Perayaan ini jatuh pada tanggal 10 Zulhijjah di kalender Islam dan memiliki berbagai amalan serta anjuran yang membedakannya dengan Hari Raya Idul Fitri. 

Salah satu anjuran penting yang sering disampaikan adalah untuk tidak makan sebelum melaksanakan shalat Idul Adha. Ustadz Abdul Somad, seorang penceramah kondang, memberikan penjelasan mengenai hal ini.

BACA JUGA:Sudah Tau Tentang Puasa Arafah? Ini Niat, Keutamaan serta Cara Mengamalkannya

Alasan Tidak Makan Sebelum Shalat Idul Adha

Sebagaimana dijelaskan oleh Ustadz Abdul Somad, ada hadits Nabi SAW yang menyebutkan bahwa kaum muslimin yang ingin melaksanakan shalat Idul Adha disunnahkan untuk tidak makan hingga selesai shalat ied. 

BACA JUGA:Bagus untuk Kecantikan, Begini Cara Membuat Masker Teh Hijau

Hal ini menjadi pembeda antara Hari Raya Idul Adha dan Hari Raya Idul Fitri. Pada Idul Fitri, umat Islam disunnahkan untuk makan terlebih dahulu sebelum berangkat shalat, sementara pada Idul Adha, disunnahkan untuk tidak makan terlebih dahulu.

Ustadz Abdul Somad menjelaskan bahwa anjuran ini memiliki makna kesempurnaan puasa sunnah yang dilakukan dari tanggal 1 hingga 9 Zulhijjah. 

BACA JUGA:Nyesel Baru Tahu! Begini Cara Mudah Monetisasi Video Facebook untuk Menghasilkan Cuan

Pada hari kesepuluh, umat Islam menahan diri dari makan hingga selesai shalat ied sebagai bentuk penutupan dari ibadah puasa tersebut. Hal ini juga sebagai bentuk penghormatan dan persiapan untuk melaksanakan ibadah kurban.

BACA JUGA:Segini Biaya Pendaftaran Kuliah di ITB 2024 Berserta Besaran UKT per Semester

Amalan-Amalan Sunnah Pada Hari Raya Idul Adha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: