Iklan dempo dalam berita

Segini Biaya Pendaftaran Kuliah di ITB 2024 Berserta Besaran UKT per Semester

Segini Biaya Pendaftaran Kuliah di ITB 2024 Berserta Besaran UKT per Semester

Biaya Pendaftaran Kuliah di ITB 2024 Berserta Besaran UKT per Semester--

Jalur SM-ITB adalah jalur penerimaan mahasiswa baru ITB yang diselenggarakan secara mandiri oleh ITB. Jalur ini bersifat non-subsidi, artinya biaya kuliahnya lebih tinggi daripada jalur SNBP dan SNBT. 

BACA JUGA:Camaba, Pertimbangkan Sebelum Melangkah! Ini Daftar Jurusan Kuliah yang Lulusnya Susah Mencari Kerja

Berikut ini adalah besaran biaya kuliah di ITB 2024 untuk jalur SM-ITB:

1. Biaya Pendaftaran

Rp 1.000.000 untuk semua fakultas dan program studi. Biaya ini dibayarkan melalui bank yang ditunjuk oleh ITB. Calon mahasiswa yang memiliki KIP-K atau berasal dari daerah 3T dapat memperoleh keringanan biaya pendaftaran.

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Jurusan Kuliah Teknik Informatika dan Sistem Informasi serta Peluang Karir

2. IPI

Rp 15.000.000 untuk semua fakultas dan program studi. Biaya ini dibayarkan melalui bank yang ditunjuk oleh ITB pada saat pendaftaran ulang. Calon mahasiswa yang memiliki KIP-K atau berasal dari daerah 3T dapat memperoleh pembebasan IPI.

BACA JUGA:Top 10 Jurusan Kuliah yang Mempunyai Gaji Besar di 2024, Referensi untuk Calon Mahasiswa

3. UKT

Bervariasi antara Rp 25.000.000 hingga Rp 50.000.000 per semester, tergantung dari fakultas, program studi, dan kemampuan ekonomi mahasiswa. 

Biaya ini dibayarkan melalui bank yang ditunjuk oleh ITB setiap semester. Calon mahasiswa yang memiliki KIP-K atau berasal dari daerah 3T dapat memperoleh beasiswa UKT. 

BACA JUGA:Mau Kuliah ke Luar Negeri? Ini Daftar 10 Negara yang Biaya Hidup dan Kuliah Murah

Calon mahasiswa yang memerlukan keringanan UKT dapat mengajukan permohonan beasiswa UKT dengan mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

ITB akan menentukan besaran UKT yang harus dibayarkan oleh mahasiswa berdasarkan verifikasi dokumen tersebut. Mahasiswa juga dapat mengajukan permohonan pembayaran UKT secara cicil, yaitu dua kali atau tiga kali dalam satu semester.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: