Iklan dempo dalam berita

MasyaAllah! Ini 6 Manfaat Daun Kelor dalam Alquran untuk Kesehatan, Apa Saja?

MasyaAllah! Ini 6 Manfaat Daun Kelor dalam Alquran untuk Kesehatan, Apa Saja?

Manfaat Daun Kelor Dalam Alquran--

Berikut ini kita akan membahas enam manfaat kesehatan daun kelor yang juga diakui dalam ajaran Islam dan terbukti secara ilmiah.

BACA JUGA:Ponsel Papan Atas! Ini Perbandingan Xiaomi 12 Vs Samsung Galaxy S22

Daun Kelor dalam Alquran

Dalam Alquran, khususnya dalam surat Al Fath ayat 29, daun kelor digambarkan sebagai tanaman yang menyejukkan dan menyenangkan hati. Ayat tersebut berbunyi:

"...Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman ini menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin)..." (QS. Al Fath ayat 29).

BACA JUGA:Intip Harga dan Spesifikasi Honda Super Cub C125! Motor Bebek Klasik Pilihan Premium

Deskripsi ini menggarisbawahi pentingnya tanaman kelor yang tidak hanya memberikan manfaat fisik tetapi juga spiritual, memberikan ketenangan dan kekuatan bagi orang-orang beriman.

1. Mengendalikan Hormon
Salah satu manfaat utama daun kelor adalah kemampuannya dalam mengendalikan hormon. Bubuk daun kelor yang dikonsumsi secara rutin selama tiga bulan dapat meredakan stres oksidatif yang memengaruhi kestabilan hormon dalam tubuh. Teh daun kelor juga membantu memperbaiki gula darah dan kadar hemoglobin.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Food and Science Technology menemukan bahwa teh daun kelor bermanfaat bagi perempuan dewasa yang memasuki usia menopause, membantu mengatur hormon dan meningkatkan kesehatan tiroid.

BACA JUGA:Gaji ke-13 Pensiunan PNS Cair 3 Juni, Cek Komponen Apa Saja yang Didapat

2. Menjaga Kesehatan Liver
Liver atau hati memiliki peran penting dalam detoksifikasi tubuh, menyaring darah, dan metabolisme lemak. Daun kelor memiliki konsentrasi polifenol yang tinggi, yang dapat membantu memperbaiki oksidasi di dalam liver. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi daun kelor dapat mengurangi fibrosis liver dan mencegah kerusakan pada liver, sehingga mendukung fungsi hati yang optimal.

3. Mencegah Radikal Bebas
Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel tubuh, menyebabkan stres oksidatif dan penuaan dini.

Daun kelor kaya akan flavonoid, polifenol, dan asam askorbat yang efektif dalam menangkal radikal bebas. Konsumsi rutin daun kelor dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel dan memperlambat proses penuaan.

BACA JUGA:Dugaan Korupsi Proyek BTT BPBD Seluma, Siapa yang Disebut Made Sukiade Terima Aliran Dana

4. Meredakan Inflamasi
Daun kelor juga terkenal dengan sifat antiinflamasinya. Kandungan polifenol dan isothiocyanates dalam daun kelor bekerja menekan enzim inflamasi dan protein yang berlebih di dalam tubuh. Ini sangat penting terutama di masa pandemi saat ini, di mana bahan makanan antiinflamasi sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: