Iklan dempo dalam berita

Seperti Ini Proses Pemakaman Jamaah Haji yang Meninggal di Tanah Suci dan Tata Cara Berziarah

Seperti Ini Proses Pemakaman Jamaah Haji yang Meninggal di Tanah Suci dan Tata Cara Berziarah

Seperti Ini Proses Pemakaman Jamaah Haji yang Meninggal di Tanah Suci dan Tata Cara Berziarah--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai proses pemakaman jamaah-haji yang meninggal di tanah-suci dan tata cara berziarah.

Kasus jamaah haji meninggal dunia di Arab Saudi selalu terjadi setiap tahun dengan angka kematian yang fluktuatif. Mayoritas karena sakit, tetapi ada pula karena tragedi tertentu.

BACA JUGA:Wafat di Tanah Suci Makkah, Ini Keutamaan dan Pahala Wafat di Tanah Suci Saat Melaksanakan Ibadah Haji

Yang mungkin terngiang di benak keluarga jamaah atau warga di Tanah Air pada umumnya, seperti apa pengurusan jenazah jamaah haji Indonesia ketika mereka wafat di kota suci Makkah?

Terkait hal ini, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M Subhan Cholid mengatakan untuk jemaah haji yang meninggal dunia di Madinah disiapkan beberapa lokasi pemakaman.

“Bagi para jemaah yang meninggal, dilakukan proses pemakaman, kalau di Madinah pemerintah Arab Saudi siapkan beberapa lokasi, tergantung pada situasi dan ketersediaan dan kesiapan lahan. Bahkan ada yang bisa di Baqi,” katanya dilansir dari Viva.

BACA JUGA:Sebelum Berangkat Haji, Ini 5 Kiat Menjadi Haji Mabrur Serta Ciri Orang yang Hajinya Mabrur Menurut Rasulullah

Sementara untuk jemaah haji yang meninggal dunia di Mekkah, pihaknya berusaha untuk memakamkan jenazah di Ma’la.

“Sesungguhnya kami berusaha sebisa mungkin jemaah dimakamkan di Ma’la, tapi tentu saja ada kriteria-kriteria yang bisa dimakamkan di Ma’la tapi secara terbuka dan siap dipakai itu di wilayah Saroya, sebuah wilayah yang di dekat Arofah dan itu lahannya sudah disiapkan sangat luas,” ujar Subhan lagi.

BACA JUGA:Jangan Sampai Jadi Haji Mardud, Ketahui Ciri Amalan Ibadah Haji Ditolak Oleh Allah

Ketentuan Bisa Dimakamkan di Ma’la

Hingga saat ini pihak pemerintah Indonesia tidak pernah diberitahu seperti apa kriteria jemaah haji yang meninggal bisa dimakamkan di Ma’la. “Kita tidak pernah diberitahu kriterianya apa, kita mengajukan, mengusulkan tapi nanti keputusannya di pengurus sana, kalau diterima ya diterima seperti dulu Mba Maimun Zubeir, jemaah haji juga. Tapi kita tidak pernah diberitahu kriterianya apa, mereka yang menentukan.”Meninggal di Jeddah

Dan untuk jemaah haji yang meninggal dunia di Jeddah, terang Subhan, kemungkinan juga bisa dimakamkan di Saroya. “Tempatnya namanya Saroya juga, sudah beberapa jemaah dimakamkan di sana setiap tahun ya di sana.”

Diakuinya, pihak pemerintah Arab Saudi sangat siap untuk urusan para jemaah haji yang meninggal dunia di Tanah Suci. Dan pihak Kementrian Haji Arab Saudi bahkan juga bertanggung jawab mempersiapkan segala proses dan pengurusan jenazah hingga masuk ke liang lahat kubur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: