Iklan dempo dalam berita

7 Daerah Ini Penghasil Harta Karun Pasir Besi Terbesar di Indonesia

7 Daerah Ini Penghasil Harta Karun Pasir Besi Terbesar di Indonesia

7 Daerah Ini Penghasil Harta Karun Pasir Besi Terbesar di Indonesia--

4. Cilegon Banten (7.500 ton)

Cilegon adalah sebuah daerah di Provinsi Banten yang berada di Pulau Jawa. Daerah ini juga dikenal dengan sebutan Kota Industri karena merupakan kota dengan penghasil baja terbesar di Asia Tenggara. 

Selain baja, Cilegon juga memiliki hasil pasir besi yang terbilang banyak. Diperkirakan sekitar 7.500 ton bijih besi yang bisa diperoleh per bulannya dari hasil tambang pasir besi yang sudah diolah oleh perusahaan setempat.

BACA JUGA:Harta Karun Berlimpah di Kalimantan, Mampu Hasilkan 40 Ribu Ton Nikel, Ini Lokasinya

5. Sumatera Barat (158.000 ton)

Sumatera Barat merupakan sebuah Provinsi yang ada di Pulau Sumatera dengan Ibukota bernama Padang. 

Sumatera Barat dikatakan salah satu daerah penghasil pasir besi terbesar di Indonesia karena tambang pasir besi bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Pasaman, Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam, Katingan, Tanah Datar, dan Solok. 

Luas tanah tambang di Sumatera Barat mencapai 62.800 meter kubik dengan hasil tambang berupa bijih besi mencapai 158.000 ton.

BACA JUGA:Luar Biasa, 6 Pulau Kecil di Maluku Ini Punya Harta Karun Nikel yang Melimpah

6. Pegunungan Verbeek Sulawesi Tengah (50.000 ton)

Pegunungan Verbeek merupakan sebuah daerah yang berada di Sulawesi Tengah dengan Ibukota bernama Palu dan berada di Pulau Sulawesi. 

Pulau Sulawesi sendiri memiliki arti logam, dimana hal ini menandakan bahwa pulau yang berada diantara Pulau Kalimantan dan Pulau Papua ini memiliki kekayaan berupa hasil tambang sejenis logam yang berlimpah.

BACA JUGA:Indonesia Miliki Miliaran Harta Karun Nikel, Ini 5 Titik Lokasi yang Punya Cadangan Nikel Terbesar

Salah satu hasil tambang yang bisa dibanggakan di Pulau Sulawesi adalah pasir besi yang diproduksi di Pegunungan Verbeek Sulawesi Tengah. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Hary Utoyo kandungan pasir besi yang bisa diperoleh di Sulawesi Tengah bisa mencapai 61,98% dan dari hasil tambang tersebut bisa mendapatkan 50.000 ton pasir besi tiap bulannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: