Iklan dempo dalam berita

Titik Lokasinya Tambang di Sulawesi yang Menjadi Penyumbang Harta Karun Nikel Terbesar di Indonesia

Titik Lokasinya Tambang di Sulawesi yang Menjadi Penyumbang Harta Karun Nikel Terbesar di Indonesia

Titik Lokasinya Tambang di Sulawesi --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Nikel merupakan salah satu komoditas tambang mineral yang berharga di pasar global. Sulawesi penyumbang harta karun nikel terbesar di Indonesia, ini titik lokasinya.

BACA JUGA:Harta Karun Nikel Incaran Dunia di Sulawesi, Berpotensi Mencapai 2,6 Miliar Ton

Mineral ini dapat digunakan untuk memproduksi logam tahan karat atau stainless steel, baterai, serta bahan baku berbagai industri lainnya.

Adapun Indonesia tercatat sebagai negara penghasil nikel nomor satu, sekaligus pemilik cadangan nikel terbesar di dunia.

Menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), mayoritas cadangan nikel nasional berada di kawasan Indonesia Tengah dan Indonesia Timur.

BACA JUGA:Harta Karun Berlimpah di Kalimantan, Mampu Hasilkan 40 Ribu Ton Nikel, Ini Lokasinya

"Cadangan nikel Indonesia sebagian besar atau 90% tersebar di Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara," kata Kementerian ESDM dalam laporan Peluang Investasi Nikel Indonesia.

BACA JUGA:Luar Biasa, 6 Pulau Kecil di Maluku Ini Punya Harta Karun Nikel yang Melimpah

Berikut ini titik lokasi penghasil nikel di Sulawei:

1. Kolaka, Sulawesi Tenggara 

Kabupaten Kolaka terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara. Sebagian besar wilayahnya merupakan perairan (laut), kurang lebih sekitar 15.000 km 2 dengan panjang garis pantai 293,45 km.

Di wilayah perairan tersebut terdapat sejumlah pulau-pulau. wilayah daratan Kolaka seluas 3.283,64 km2 Potensi sumber daya mineral hampir terdapat di seluruh kecamatan. Nikel terdapat di Kecamatan Wolo, Wundulako, Baula, Pomalaa, Tanggertada, dan Watubangga dengan deposit sekitar 1,30 milyar ton. 

BACA JUGA:Indonesia Miliki Miliaran Harta Karun Nikel, Ini 5 Titik Lokasi yang Punya Cadangan Nikel Terbesar

2. Luwu Timur, Sulawesi Selatan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: