Iklan dempo dalam berita

Titik Lokasinya Tambang di Sulawesi yang Menjadi Penyumbang Harta Karun Nikel Terbesar di Indonesia

Titik Lokasinya Tambang di Sulawesi yang Menjadi Penyumbang Harta Karun Nikel Terbesar di Indonesia

Titik Lokasinya Tambang di Sulawesi --

Secara geografis Kabupaten Luwu terletak di sebelah selatan katulistiwa dengan luas wilayah 6,944.88 km2. Sekitar 11, 14 % Provinsi Sulawesi Selatan merupakan luas wilayah Kabupaten Luwu Timur.

Nikel terdapat di Desa Magani, Kecamatan Nuha. Perusahaan tambang Nikel di Luwu Timur adalah PT Vale Indonesia yang yang terletak di Kecamatan Nuha. 

BACA JUGA:Deposit Terbesar dengan Miliaran Ton Bijih, Ini Kabupaten di NTB yang Punya Harta Karun Emas Terbesar

3. Morowali, Sulawesi tengah Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah memiliki 3.037 km2 . 

Wilayah ini merupakan deretan daftar penghasil nikel terbesar di Indonesia. Baca juga: Bangun Smelter Nikel Pertama di Kalimantan, Haji Isam Siapkan Rp 6,3 Triliun Tambang nikel di daerah ini terdapat di beberapa wilayah, antara lain Bahadopi, Bungku Timur, Bungku Pesisir, dan Petasia Timur.

BACA JUGA:Stok Melimpah, Ini 16 Daerah yang Punya Cadangan Harta Karun Batu Bara Terbesar di Indonesia

Nikel merupakan hasil bumi yang berwujud logam mineral berwarna dasar putih keperakan, mengkilap, sedikit keemasan dan cukup keras. Nikel murni memiliki tekstur bubuk dengan reaksi kimia yang lebih pekat serta bersifat mudah bereaksi dengan udara suhu normal.

Dari lima unsur logam yang paling banyak terdapat di kerak bumi, nikel adalah salah satunya. Sebagai logam, nikel dapat menghantarkan listrik atau konduktor panas yang berfungsi baik. Itulah mengapa nikel menjadi salah satu bahan dasar pembuatan baterai ponsel.

BACA JUGA:Cadangan Harta Karun Emas di Maluku Utara, Mampu Hasilkan 10 Gram Emas dalam Sekali Penggilingan

Hasil peninjauan akan menjadi landasan dan rujukan penyusunan kebijakan pengawasan nikel melalui implementasi Sistem Informasi Manajemen Bisnis Pertambangan Nikel (SIMBARA).

Potensi sektor pertambangan nikel di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah dapat berkembang secara optimal, efisien serta menjawab tuntutan global menuju masa depan yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi.

Keterlibatan aktif pemerintah dan asosiasi industri dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan sektor ini

BACA JUGA:Ada Harta Karun Emas 8,5 Juta Ons, Ini Titik Lokasinya di Jawa Timur, Bisa Bikin Kaya Mendadak

Seperti yang diketahui, ada banyak usaha pertambangan sudah berdiri di Indonesia. Tentu saja, perusahaan tambang di Sulawesi ini akan memberikan peran dan manfaat tersendiri dalam sebuah negara.

BACA JUGA:Surganya Harta Karun Emas, Benarkah Kualitas Emas Paling Bagus di Indonesia Berasal dari Sulawesi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: