Iklan dempo dalam berita

9 Cara Mudah Menghilangkan Kesemutan di Kaki, Salah Satunya Rendam Kaki dengan Campuran Air Ini

9 Cara Mudah Menghilangkan Kesemutan di Kaki, Salah Satunya Rendam Kaki dengan Campuran Air Ini

Cara menghilangkan kesemutan di kaki--

3. Konsumsi obat antinyeri
Obat antinyeri yang dijual bebas, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), bisa digunakan untuk mengatasi nyeri kesemutan karena peradangan.

Ibuprofen dan asam mefenamat adalah contoh obat golongan OAINS yang biasanya digunakan. Namun, ingatlah untuk selalu mengonsumsi obat ini sesuai dosis yang dianjurkan, ya.

BACA JUGA:Hati-hati jika Tercium Bau Berikut Malam Hari, Bisa saja Tanda Ada Mahluk Halus

4. Terapi fisik
Apabila kesemutan di kaki terjadi secara berulang dan berkepanjangan, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter saraf.

Dengan begitu, dokter dapat menemukan penyebab kesemutan yang Anda alami dan memberikan penanganan yang sesuai, termasuk peresepan obat maupun terapi fisik. Terapi dilakukan untuk membantu menambah kekuatan otot di sekitar saraf yang mengalami gangguan.

Pada kondisi tertentu, seperti kesemutan yang disebabkan oleh saraf kejepit atau tumor, dokter juga bisa melakukan operasi sebagai cara mengatasi kaki kesemutan.

BACA JUGA:Cadangan Harta Karun Emas di Maluku Utara, Mampu Hasilkan 10 Gram Emas dalam Sekali Penggilingan

5. Ubah posisi
Salah satu penyebab kesemutan pada kaki yang umum terjadi adalah karena Anda terlalu lama berada di 1 posisi tertentu.

Guna mengatasi kesemutan karena kondisi ini, cobalah ubah posisi Anda agar sirkulasi darah menjadi lancar dan kesemutan menghilang.

BACA JUGA:NTB Kaya Raya! Ada Cadangan Miliaran Ton Kandungan Emas dan Tembaga, Ini Lokasinya

6. Goyangkan telapak kaki
Selain mengubah posisi, menggoyangkan telapak kaki juga bisa jadi cara mengatasi kaki kesemutan. Cobalah goyangkan telapak kaki Anda untuk membuat aliran darah kembali lancar, sehingga kaki kesemutan teratasi.

7. Pijat kaki
Cara mengatasi kaki kesemutan berikutnya adalah dengan memijat kaki pelan-pelan. Anda dapat memijat kaki yang kesemutan selama beberapa saat sampai kesemutan mereda.

Cara ini dipercaya efektif dalam meredakan rasa kesemutan karena dapat mengurangi ketegangan otot dan melancarkan aliran darah.

BACA JUGA:4 Daerah Ini Punya Kadar Emas Tertinggi, Bengkulu Nomor Berapa?

8. Gunakan sepatu berukuran pas
Menggunakan sepatu yang terlalu sempit bisa mengganggu aliran darah di kaki dan menyebabkan kesemutan.

Jika kesemutan terjadi karena hal ini, cara mengatasi kaki kesemutan yang tepat adalah dengan melepaskan sepatu dan menggunakan sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki.
Selain itu, pastikan juga Anda tidak mengikat tali sepatu terlalu kencang agar tidak memberikan tekanan berlebih pada kaki.

BACA JUGA:Ada Harta Karun Emas 8,5 Juta Ons, Ini Titik Lokasinya di Jawa Timur, Bisa Bikin Kaya Mendadak

9. Gunakan kaos kaki khusus
Kesemutan di kaki merupakan salah satu gejala neuropati diabetik yang paling sering muncul. Neuropati diabetik sendiri adalah kerusakan saraf akibat penyakit diabetes. Salah satu cara mengatasi kaki kesemutan yang disebabkan oleh kondisi ini adalah dengan menggunakan kaos kaki yang dirancang khusus untuk meningkatkan sirkulasi darah di bagian kaki.

Kaos kaki yang biasanya digunakan oleh penderita diabetes ini terbuat dari bahan yang halus, elastis, dan antilembap. Dengan begitu, rasa sakit maupun kesemutan yang terkait dengan neuropati diabetik dapat diatasi.

BACA JUGA:3 Dampak jika Common Rail Diesel Dipaksakan Minum Bio Solar, Bisa Perpendek Umur Mesin

Nah, itulah 9 cara menghilangkan kesemutan di kaki yang bisa anda coba. Selain berbagai cara mengatasi kaki kesemutan di atas, Anda juga dapat melakukan beberapa langkah berikut ini untuk mencegah atau meredakan kesemutan:

1. Kontrol rutin bagi penderita diabetes dan periksa kadar gula darah secara berkala sangat penting karena tingkat gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada saraf, yang dapat memicu kesemutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: