Iklan dempo dalam berita

Menilik Tambang Mangan Kliripan Yogyakarta, Pernah Jaya di Era Kolonial, Ini Titik Lokasinya

Menilik Tambang Mangan Kliripan Yogyakarta, Pernah Jaya di Era Kolonial, Ini Titik Lokasinya

Menilik tambang mangan Kliripan Yogyakarta--

BACA JUGA:Tradisi Senioritas Berujung Kematian? Semua Berawal dari ‘Siapa yang Paling Kuat’

Oleh karena itu, potensi untuk mengembangkan kembali lokasi ini sebagai kawasan wisata yang menarik sangatlah besar.

Mungkin di masa mendatang, akan ada klasterisasi di Kliripan, dengan menjaga kelestarian bekas tambang mangan sambil memperhatikan jumlah pengunjung yang datang, serta memastikan keamanan dan keberlanjutannya.

Selain sebagai destinasi wisata, bekas tambang mangan juga memiliki potensi untuk pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Pemerintah akan memperhatikan keberlanjutan serta keamanan pengunjung dalam pengembangan kegiatan di masa depan.

BACA JUGA:Merasa Sering Sial dan Kurang Beruntung? Ini Cara Menciptakan dan Menarik Keberuntungan dalam Hidup

Akses menuju kawasan Mangan Kliripan-Karangsari dapat dicapai dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika perjalanan dimulai dari Kota Yogyakarta, dapat ditempuh dengan jarak sekitar ± 40 km melalui Jalan Wates.

Setelah mencapai Kota Wates, perjalanan dilanjutkan ke arah Waduk Sermo melalui Jalan Kokap-Wates. Setelah mencapai pertigaan Kalurahan Kopat, belok ke arah kiri (selatan) menuju Dukuh Kliripan.

Tetaplah berada di jalan tersebut sejauh ± 2 km hingga mencapai Pedukuhan Kliripan, di mana situs Mangan Kliripan-Karangsari mencakup sebagian wilayah pedukuhan tersebut.

BACA JUGA:Pelaku Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara, Ini Permintaan dari Keluarga Korban Penganiayaan di STIP

Mangan adalah unsur logam serbaguna yang digunakan dalam berbagai aplikasi industri. Beberapa aplikasi ini dicantumkan dan dibahas pada bagian di bawah ini:

1. Baja
Penggunaan mangan terbesar adalah produksi baja . Ia ditambahkan ke semua baja komersial dengan peran utama deoksidasi/desulfurisasi, di mana MnS terbentuk, bukan FeS.

Mangan juga ditambahkan ke baja sebagai bahan paduan untuk meningkatkan kekuatan, ketangguhan, dan ketahanan terhadap keausan dan korosi. Ini juga meningkatkan pengerasan logam.

Baja mangan, juga dikenal sebagai baja Hadfield, adalah baja austenitik dengan kandungan mangan tinggi yang sangat cocok untuk aplikasi yang mengutamakan ketahanan benturan dan daya tahan, seperti pada peralatan pertambangan, rel kereta api, dan mesin konstruksi.

BACA JUGA:Ini Lokasi Harta Karun Mangan di Indonesia dengan Kualitas Nomor Satu di Dunia

2. Baterai
Mangan digunakan dalam produksi berbagai baterai, termasuk baterai alkaline, baterai seng-karbon, dan baterai lithium-ion. Pada baterai alkaline, mangan dioksida digunakan sebagai bahan katoda, sedangkan pada baterai seng-karbon, mangan dioksida digunakan sebagai depolarisasi.

Dalam baterai lithium-ion, mangan sering digunakan dalam kombinasi dengan logam lain, seperti kobalt dan nikel, untuk membentuk katoda.

BACA JUGA:Jenazah Warga Seluma Terseret Arus Sungai Air Manna Ditemukan Mengapung di Tumpukan Sampah

3. Resistor
Mangan digunakan dalam produksi jenis resistor tertentu, yaitu komponen listrik yang membatasi aliran arus dalam suatu rangkaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: