Iklan dempo dalam berita

Segini Cadangan Harta Karun Batubara di Kalimantan Barat, Ini Sebaran Titik Lokasinya

Segini Cadangan Harta Karun Batubara di Kalimantan Barat, Ini Sebaran Titik Lokasinya

Harta karun Batubara Kalimantan Barat--ist

Tempat wisata di Kalimantan Barat yang menjadi ikon Kota Pontianak ini tak pernah sepi pengunjung. Kalau datang pada waktu yang tepat, kamu dapat menyaksikan peristiwa menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa seperti titik kulminasi matahari. 

Pada saat itu, posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda di sekitar garis khatulistiwa.

Peristiwa titik kulminasi matahari terjadi dua kali dalam setahun. Kamu bisa datang untuk menyaksikan fenomena alam ini antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi acara tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan domestik dan luar negeri.

2. Taman Alun Kapuas

Tempat wisata di Kalimantan Barat berikutnya adalah Taman Alun Kapuas. Tempat wisata ini terletak di Pinggiran Sungai Kapuas, Pontianak, tepatnya berada di depan kantor wali kota Pontianak. Terletak di lokasi strategis menjadikan Taman Alun Kapuas bisa dikunjungi dari arah mana saja.

Taman Alun Kapuas menjadi salah satu proyek ‘Waterfront City’ dari Pemerintah Kota Pontianak. Di tempat ini terdapat air mancur yang sangat indah ditambah dengan replika Tugu Khatulistiwa yang menjadi kebanggaan masyarakat Provinsi Kalimantan barat. 

BACA JUGA:Sumatera Utara Menyimpan Harta Karun Hasil Tambang, dari Minyak Bumi hingga Migas

Akses menuju Taman Alun Kapuas sangatlah mudah karena terletak di jantung Kota Pontianak. Di sini kamu bisa memandangi keindahan Sungai Kapuas dengan kapal-kapal yang melintasi sungai. Sambil bersantai, kamu juga bisa menikmati sajian kuliner khas Pontianak yang dijajakan disekitar taman.

3. Museum Provinsi Kalimantan Barat

Tempat wisata di Kalimantan Barat yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Museum Provinsi Kalimantan Barat. Museum ini berlokasi di Jalan Jenderal Achmad Yani, Kota Pontianak.

Museum ini menyimpan berbagai benda-benda bernilai historis yang ada di Provinsi Kalimantan Barat salah satunya peninggalan sejarah dari peradaban beberapa jenis suku bangsa yang ada di Kalimantan Barat, seperti Suku Melayu, Suku Dayak, dan Suku Tionghoa.

Terdapat Ruang Pameran Tetap yang dibagi atas tiga ruangan, yaitu Ruang Pengenalan, Ruang Budaya Kalimantan Barat dan Ruang Keramik. Museum buka pada Selasa-Minggu 08.00-14.00, Jumat 08.00-11.00 dan 12.30-14.00 dan tutup pada hari Senin dan libur nasional. 

4. Rumah Radakng

Rumah Radankng merupakan sebutan untuk rumah panjang suku Dayak Kanayatn di Provinsi Kalimantan Barat. Rumah Radakng atau bisa disebut dengan longhouse merupakan satu di antara ciri khas Provinsi Kalimantan Barat. 

Di Pontianak kamu dapat menjumpai Rumah Radakng sebagai destinasi wisata di Komplek Perkampungan Budaya di Jalan Sutan Syahrir, Kota Baru, Pontianak, berdampingan dengan Rumah Melayu Kota Pontianak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: