Iklan dempo dalam berita

Ada Harta Karun Melimpah, Ini Potensi dan Lokasi Emas di Way Kanan Lampung

Ada Harta Karun Melimpah, Ini Potensi dan Lokasi Emas di Way Kanan Lampung

Harta karun emas di Way Kanan, Provinsi Lampung --

Potensi pertambangan emas yang ada di Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Way Kanan secara umum dan khususnya bagi masyarakat di Kampung Gistang Kecamatan Blambangan Umpu. 

Hasil dari pertambangan emas tersebut diharapkan dapat menopang kehidupan ekonomi masyarakat yang sebelumnya berusaha di bidang pertanian dan sektor usaha lainnya.

Teknologi yang digunakan dalam mengelola potensi pertambangan emas di Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan dirasakan masih kurang memadai dan masih sebatas pertambangan tradisional. 

BACA JUGA:Menakjubkan, Ternyata Diam-diam Lampung Menyimpan Harta Karun Emas Sebayak Ini, Berikut Lokasinya

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah Kabupaten Way Kanan memberikan peluang kepada para investor untuk melakukan usaha pertambangan emas yang ada di Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan. 

Kebijakan tersebut diharapkan akan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut. 

Salah satu kebijakan yang diambil Pemerintah Kabupaten Way Kanan untuk menarik minat investor adalah dengan membuat nota kesepakatan mengenai bagi hasil pengelolaan tambang emas tersebut.

Berdasarkan nota kesepakatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan investor menyepakati bagi hasil pertambangan emas sebesar 40% untuk Pemerintah Kabupaten dan 60% untuk investor. 

BACA JUGA:Di BCA PayLater Kamu Bisa Dapat Bunga Pinjaman Nol Persen, Ini Syarat dan Ketentuannya

Pola bagi hasil semacam ini mampu menarik minat investor, sehingga pertengahan tahun 2014 jumlah investor yang bersedia untuk melakukan investasi dalam pertambangan emas di Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan meningkat menjadi 35-55% dari tahun-tahun sebelumnya. 

Setelah 6 bulan pengelolaan tambang emas tersebut berjalan timbulah konflik antara masyarakat lokal dengan investor, konflik tersebut terjadi pada tanggal 28 Juni 2014 yang diwarnai adanya pembakaran mesin pengolah emas di lokasi pertambangan oleh masyarakat yang kontra dengan adanya kegiatan pertambangan emas. 

Sementara itu, terlepas dari potensi tambang emas di daerah Way Kanan Lampung. Hingga kini, emas selalu menjadi pilihan material paling populer untuk perhiasan. 

BACA JUGA:Belanja Mudah di Shopee Pakai PayLater, Pengguna Wajib Tahu Risiko Jika Tidak Bayar Tagihan

Apalagi variannya kini semakin bertambah, dengan hasil percampuran logam lain seperti rose gold dan emas putih.

Namun, apa sih sebenarnya yang menjadi alasan logam mulia berwarna asli kekuningan ini semakin dicinta? Untuk lengkapnya simak beberapa poin dibawah ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: