Iklan dempo dalam berita

Apa Saja Deretan 7 Senjata Pusaka Kerajaan Sriwijaya dari Kesultanan Palembang

Apa Saja Deretan 7 Senjata Pusaka Kerajaan Sriwijaya dari Kesultanan Palembang

7 Senjata Pusaka Kerajaan Sriwijaya dari Kesultanan Palembang--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Deretan senjata pusaka Kerajaan Sriwijaya dari kesultanan palembang, apa sajakah? 

Kerajaan Sriwijaya, sebuah kerajaan bahari historis yang bermula dari Pulau Sumatra, telah melintasi zaman dari abad ke-7 hingga abad ke-11 Masehi. 

BACA JUGA:Diperingati 21 April, Begini Filosofi Mendalam Kebaya Kartini, Perempuan Anggun Pejuang Hak Perempuan

Kehadirannya yang monumental tercatat secara resmi pada tahun 682 Masehi, sebagaimana terdokumentasikan dalam prasasti Kedukan Bukit. 

Sejak itu, Kerajaan Sriwijaya menjadi salah satu kekuatan utama di kawasan Asia Tenggara, mempengaruhi perjalanan sejarah dan perdagangan di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Tidak Turun ke Medan Peperangan, Ini Alasan R.A Kartini Diangkat Menjadi Pahlawan Nasional

Kerajaan Sriwijaya dahulu terkenal dengan kekuatan militernya, yang didukung dengan persenjataan yang dimiliki bala tentaranya. Hingga kini, senjata pusaka Kerajaan Sriwijaya masih banyak dijumpai, tersebar di Provinsi Sumsel, Bengkulu, hingga Lampung. 

BACA JUGA:Surat-surat Ibu Kartini yang Mencerminkan Pemikirannya, Habis Gelap Terbitlah Terang

Bahkan beberapa senjata pusaka tersebut masih digunakan oleh masyarakat untuk senjata bela diri atau dalam pertunjukan kesenian. Meskipun demikian, ada pula beberapa di antaranya yang sudah langka dan mulai punah karena tidak diproduksi lagi.

Pusaka Kerajaan Sriwijaya ini memiliki sejarah yang kaya, terutama selama masa penjajahan Hindia Belanda, di mana senjata-senjata ini digunakan untuk berperang melawan penjajah. 

BACA JUGA:Pengaruh Ajaran Ibu Kartini Terhadap Pendidikan Perempuan di Indonesia

Melalui berbagai medan pertempuran, senjata-senjata pusaka peninggalan Kerajaan Sriwijaya telah teruji keampuhannya dalam membasmi musuh dan melindungi kedaulatan kerajaan.

Senjata pusaka peninggalan Kerajaan Sriwijaya terdiri dari beberapa jenis yang memiliki nilai historis dan keunikan tersendiri:

1. Siwar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: