Iklan dempo dalam berita

Sejarah Masjid Al Aqsa yang Dibangun Malaikat serta Kisah Kiblat Pertama Umat Islam

Sejarah Masjid Al Aqsa yang Dibangun Malaikat serta Kisah Kiblat Pertama Umat Islam

Sejarah dan keutamaan Masjid Al Aqsa--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sejarah Masjid Al Aqsa yang dibangun malaikat serta kisah kiblat pertama umat Islam.

Masjid Al Aqsa adalah salah satu situs bersejarah dalam perkembangan Islam. Seiring berjalannya waktu, Masjid Al Aqsa telah melalui tahapan renovasi dan memiliki keistimewaannya tersendiri.

Masjid Al Aqsa memiliki sejarah yang panjang. Keberadaan Masjid Al Aqsa telah dijelaskan dalam beberapa dalil Al-Qur'an dan hadits.

Allah SWT berfirman dalam surah Al Isra' ayat 1,

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ ١

Artinya: "Mahasuci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat."

BACA JUGA:Cek Jadwal serta Daftar Harga Tiket Bus AKAP Agra Mas Mudik Lebaran 2024

Allah SWT telah memberi nama Masjid Al Aqsa seperti yang diterangkan dalam ayat tersebut. Maka dari itu, nama Masjid Al Aqsa merupakan nama yang mulia dan Agung serta bermuatan syariah dan nilai yang tinggi.

Masjid Al Aqsa merupakan masjid kedua setelah Masjid Al Haram di Makkah. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits.

Abu Dzar bertanya kepada Rasulullah SAW, "Ya Rasulullah, masjid apa yang pertama kali dibangun di muka bumi ini?" Beliau menjawab, "Masjid Al Haram." Abu Dzar bertanya, "Kemudian apa?" Beliau menjawab, "Masjid Al Aqsa." Abu Dzar bertanya, "Berapa jarak waktu di antara keduanya?" Beliau menjawab, "Empat puluh tahun." (HR Bukhari dan Muslim.)

Terdapat perbedaan pendapat dari para ulama yang menyatakan tentang pembangunan Masjid Al Aqsa. Dalam kitab tafsir seperti Ath-Thabari, Ibnu Katsir, Al Quthubi, dan lainnya menyebutkan bahwa yang membangun Masjid Al Aqsa pertama kali adalah malaikat.

BACA JUGA:Naik 110 Persen! Cek Daftar Harga Tiket Bus AKAP PO Haryanto Mudik Lebaran 2024 Jawa Tengah dan Jawa Timur

Namun, mayoritas ulama (jumhur) menyatakan bahwa Nabi Adam AS adalah orang pertama yang membangun Masjid Al Aqsa. Allah SWT telah menentukan tempat, panjang, dan luasnya, kemudian Nabi Adam AS membangunnya.

Kemudian Nabi Ibrahim AS hadir untuk merenovasi bangunan Masjid Al Aqsa dan meninggikannya sekitar tahun 2000 SM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: