Iklan dempo dalam berita

Menu Buka Puasa untuk Lansia, Pahami juga 9 Tips Berpuasa Aman dan Sehat Bagi Lansia

Menu Buka Puasa untuk Lansia, Pahami juga 9 Tips Berpuasa Aman dan Sehat Bagi Lansia

Menu puasa puasa dan tips puasa sehat untuk lansia--

Dengan makan sahur, ini akan memastikan bahwa kadar glukosa tidak anjlok atau tidak terlalu banyak saat siang hari. Waktu sahur terbaik untuk lansia adalah menjelang waktu imsak.

4. Perbanyak konsumsi cairan

Pastikan kebutuhan cairan terpenuhi, beberapa dokter menjelaskan bahwa cairan dalam tubuh lansia akan berkurang. Sehingga para lansia akan lebih mudah mengalami dehidrasi dan juga gampang lelah.

BACA JUGA:Irit BBM dan Handal, Berikut Cicilan Mobil Xenia DP Rp 30 Juta, Tenor Panjang Sampai 5 Tahun

Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus memastikan mereka mengonsumsi 8 sampai 10 gelas cairan perhari ketika berbuka dan sahur.  

Ini bisa dibagi menjadi, satu gelas ketika berbuka, satu gelas ketika selesai sholat maghrib, empat gelas sehabis sholat tarawih, hingga menjelang tidur, tiga gelas saat sahur hingga menjelang imsak. 

Sangat tidak disarankan untuk minum kopi atau teh karena mempunyai efek diuretik. 

5. Asupan makanan bergizi seimbang

Lansia yang masih ingin berpuasa atau dinyatakan oleh dokter boleh berpuasa, harus memerhatikan asupan makanan.

Coba hadirkan menu sahur dan berbuka yang mengandung gizi seimbang, usahakan batasi makanan yang lebih cepat dicerna seperti gula. 

Total asupan bisa kamu bagi menjadi 40 persen saat sahur, 50 persen saat berbuka, dan 10 persen setelah shalat tarawih atau sebelum tidur.

BACA JUGA:Pinjaman Syariah Online Langsung Cair, Pinjam Rp 10 Juta Bunga 0 Persen, Lengkapi Syarat Pengajuannya

Sebaiknya juga, lansia tidak dianjurkan untuk minum-minuman manis ketika sahur, minuman manis bisa dikonsumsi saat berbuka.

6. Pilih makanan tinggi serat

Pastikan asupan serat para lansia terpenuhi, pastikan kamu selalu menyediakan sayur dan buah-buahan untuk mereka. Saat sahur, perbanyak makanan yang memiliki karbohidrat komplek. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: