Iklan dempo dalam berita

Kementerian Perhubungan Kembali Buka Mudik Lebaran Gratis 2024, Cek Persyaratannya di Sini

Kementerian Perhubungan Kembali Buka Mudik Lebaran Gratis 2024, Cek Persyaratannya di Sini

Syarat dan cara daftar mudik lebaran gratis Kementerian Perhubungan--

BACA JUGA:Kredit Mobil Avanza DP Rp 50 Juta, Cicilan Murah Rp 5 Jutaan, Tempo Angsuran Sampai 60 Bulan

Hal ini bertujuan untuk mengatur jumlah peserta dan mencegah kemacetan di tempat pemberangkatan.

3. Setelah melakukan pendaftaran, peserta diberi waktu tujuh hari sejak tanggal pendaftaran untuk melakukan registrasi atau validasi ulang di posko yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara. 

Registrasi ulang ini penting untuk memastikan keabsahan data peserta dan menghindari penyalahgunaan kuota oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

4. Jika peserta tidak melakukan validasi ulang dalam waktu tujuh hari, maka data pendaftaran peserta dianggap tidak berlaku dan kuota yang telah dialokasikan untuk peserta tersebut akan otomatis tersedia kembali. 

BACA JUGA:Tabel KUR BRI 2024 Pinjaman Rp 30 Juta Cicilan Rp 500 Ribuan Per Bulan, Begini Cara Pengajuan Cepat Cair

Peserta yang tidak melakukan validasi ulang juga tidak akan dapat mendaftar ulang, karena Nomor Induk Kependudukan (NIK) peserta akan diblokir oleh sistem. 

5. Terakhir, sebelum berangkat untuk arus mudik atau balik, peserta diwajibkan untuk berada dalam kondisi fisik dan mental yang sehat.

Peserta juga diharapkan hadir paling lambat satu jam sebelum waktu keberangkatan untuk memastikan semua persiapan telah dilakukan dengan baik dan menghindari keterlambatan yang dapat mengganggu jadwal perjalanan. 

- Kereta Api

1. Bagi para calon peserta mudik gratis yang menggunakan transportasi kereta api, diwajibkan untuk sudah vaksin booster.

2. Kemudian, setiap peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, dan SIM C. Mereka harus melakukan verifikasi di Posko sesuai dengan jadwal yang telah mereka pilih saat mendaftar. Kendaraan bermotor yang diizinkan memiliki kapasitas mesin maksimal 200 cc.

BACA JUGA:Terbaru Cara Pinjam dan Simulasi Cicilan KUR Pegadaian Syariah 2024, Plafon Pinjaman Rp 50 Juta

3. Bagi peserta yang hanya mendaftar sepeda motor harus diwajibkan menyerahkan bukti pilihan moda transportasi mudik lainnya.

4. Penyerahan sepeda motor dilakukan pada H-1 sebelum tanggal keberangkatan. Peserta tidak diizinkan menitipkan helm dan kaca spion sepeda motor. Kemudian, tangki bahan bakar (BBM) harus dikosongkan saat penyerahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: