Iklan dempo dalam berita

Tak Bisa Sembarangan, Ini 8 Syarat Menjadi Imam Sholat, Lengkap dengan Hukum dan Keutamaannya

Tak Bisa Sembarangan, Ini 8 Syarat Menjadi Imam Sholat, Lengkap dengan Hukum dan Keutamaannya

Tak Bisa Sembarangan, Ini 8 Syarat Menjadi Imam Sholat, Lengkap dengan Hukum --Foto: ist

Syarat imam sholat berikutnya adalah memiliki pemahaman tentang bacaan sholat dan rukun sholat. Hal ini amat penting diketahui imam agar menyempurnakan pahala ibadah sholat berjamaah. Maksudnya adalah imam sebaiknya memahami bacaan Al-Quran begitu pula rukun-rukun sholat. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Yang (berhak) menjadi imam (suatu) kaum, ialah yang paling pandai membaca Kitabullah. Jika mereka dalam bacaan sama, maka yang lebih mengetahui tentang sunnah. Jika mereka dalam sunnah sama, maka yang lebih dahulu hijrah. Jika mereka dalam hijrah sama, maka yang lebih dahulu masuk Islam (dalam riwayat lain: umur). Dan janganlah seseorang menjadi imam terhadap yang lain di tempat kekuasaannya (dalam riwayat lain: di rumahnya). Dan janganlah duduk di tempat duduknya, kecuali seizinnya.

BACA JUGA:Ini 8 Ciri Fisik IMAM MAHDI Sosok Penyelamat di Akhir Zaman

3. Syarat Menjadi Imam Sholat

Syarat menjadi imam sholat berikutnya adalah tidak menjadi makmum, lebih diutamakan yang berusia tua, serta tidak sedang melakukan perjalanan jauh atau disebut musafir. Berikut ulasannya tentang syarat menjadi imam sholat.

7.Tidak Sedang Menjadi Makmum

Syarat menjadi imam sholat selanjutnya adalah tidak sedang menjadi makmum sholat. Artinya, tidak sedang menjadi makmum dari imam sholat lainnya.

7. Diutamakan yang Berusia Lebih Tua

 Syarat imam sholat berikutnya diutamakan yang berusia lebih tua. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Shalatlah kamu sekalian sebagaimana kamu sekalian melihat aku melakukan shalat. Hendaklah salah seorang dari kamu melakukan adzan untuk kamu sekalian, dan hendaklah orang yang paling tua di antara kamu mengimami kamu sekalian."

BACA JUGA:Astaghfirullah, Imam Masjid Ini Dimarahi Lalu Diludahi Bule, Penyebabnya Sepele

8. Bukan Seorang Musafir

Musafir artinya seseorang yang tengah menempuh perjalanan jauh. Namun makna imam sholat berjamaah di sini lebih diutamakan bagi seorang muslim yang tinggal di wilayah tersebut atau bukan seseorang yang tengah menempuh suatu perjalanan.

4. Keutamaan Sholat Berjamaah

Setelah mengetahui syarat menjadi imam sholat serta hukum sholat berjamaah, maka dari beberapa keutamaan sholat berjamaah. Berikut keutamaan sholat berjamaah yang begitu luar biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: