Iklan dempo dalam berita

Tak Bisa Sembarangan, Ini 8 Syarat Menjadi Imam Sholat, Lengkap dengan Hukum dan Keutamaannya

Tak Bisa Sembarangan, Ini 8 Syarat Menjadi Imam Sholat, Lengkap dengan Hukum dan Keutamaannya

Tak Bisa Sembarangan, Ini 8 Syarat Menjadi Imam Sholat, Lengkap dengan Hukum --Foto: ist

1. Imam Sholat Harus Beragama Islam

Syarat menjadi imam sholat berjamaah yang pertama adalah harus beragam Islam. Syarat ini tentunya menjadi syarat paling utama yang harus dipenuhi seorang imam sholat. Tentang syarat imam harus beragama Islam telah dijelaskan Imam Syafi'I dalam kitab al-Muhtaaj yang berbunyi:

"Jika diketahui dengan jelas bahwa seorang imam itu kafir atau dari jenis perempuan, maka wajib untuk mengulang sholatnya."

BACA JUGA:Salah Satu Tanda Kiamat, Berikut Penjelasan Kemunculan Imam Mahdi

2. Berakal Sehat

Syarat imam sholat berikutnya haruslah berakal sehat. Berakal sehat artinya imam sholat tidak gila, mabuk, ataupun memiliki gangguan kejiwaan. Sebab itulah seorang imam harus benar-benar dalam keadaan sehat jiwa lahir dan batinnya.

3. Sudah Baligh

Baligh artinya seseorang yang sudah dewasa. Ini juga termasuk dalam syarat imam sholat berjamaah yang perlu dipenuhi seorang imam. Untuk itulah seorang anak kecil belum bisa menjadi imam sholat sebab dikhawatirkan tidak sah sholatnya.

BACA JUGA:Penjelasan Lengkap Tanda Kiamat: Dajjal, Yajuj Majuj hingga Imam Mahdi dan Nabi Isa

4. Seorang Laki-Laki

Syarat menjadi imam sholat berjamaah berikutnya adalah imam sholat diutamakan adalah seorang laki-laki. Sebab laki-laki adalah pemimpin bagi perempuan sesuai apabila didasarkan pada Q.S An-Nisaa' ayat 34. Sedangkan perempuan bisa diperbolehkan menjadi imam untuk jamaah perempuan lainnya.

5. Suci Hadast Besar dan Kecil

Suci dari hadast besar dan kecil juga termasuk dalam salah satu syarat imam sholat berjamaah. Sebab itulah hendaknya seorang imam memastikan tidak terkena hadast besar ataupun kecil saat menjalankan sholat berjamaah. Begitu pula bagi makmum sholat berjamaah.

BACA JUGA:Tanda Kiamat, Berikut Penjelasan Lengkap Soal Dajjal, Nabi Isa hingga Imam Mahdi

6. Mampu Memahami Bacaan Sholat, Bacaan Al-Qur'an dan Rukun Sholat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: