Iklan dempo dalam berita

Tak Bisa Sembarangan, Ini 8 Syarat Menjadi Imam Sholat, Lengkap dengan Hukum dan Keutamaannya

Tak Bisa Sembarangan, Ini 8 Syarat Menjadi Imam Sholat, Lengkap dengan Hukum dan Keutamaannya

Tak Bisa Sembarangan, Ini 8 Syarat Menjadi Imam Sholat, Lengkap dengan Hukum --Foto: ist

Hukum sholat berjamaah fardhu kifayah jika sudah ada yang mengerjakan sholat berjamaah. Sehingga gugur kewajiban orang lain untuk mengerjakannya. Sedangkan hukumnya bisa jadi fardhu ain pada sholat Jumat apabila tidak dilakukan secara berjamaah.

- Hukum Jika Perempuan Jadi Imam Sholat

Jika salah satu syarat imam sholat adalah lebih utama laki-laki lalu bagaimana hukumnya dengan imam sholat perempuan? Dalam sebuah riwayat dijelaskan haram hukumnya atau tidak sah apabila seorang perempuan menjadi imam bagi kaum laki-laki. Sedangkan mubah atau boleh jika seorang perempuan menjadi imam sholat bagi jamaah perempuan lainnya.

BACA JUGA:Begini Pedoman dan Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha Yang Benar

"Jika perempuan menjadi imam untuk laki-laki dewasa, perempuan dan anak laki-laki, sholat perempuan dalam sholat berjamaah itu sah. Sedangkan sholat laki-laki dan anak laki-laki tidaklah sah dikarenakan Allah menjadikan laki-laki sebagai imam bagi perempuan, juga laki-laki adalah wali bagi perempuan."

- Hukum Jika Imam Sholat Berjamaah Tidak Disukai Banyak Orang

Selain hukum perempuan menjadi imam sholat, ada juga kondisi ketika seorang imam sholat ternyata banyak tidak disukai oleh orang-orang di sekitarnya. Nah, melansir dari laman Nu Online, apabila imam sholat berjamaah tidak disukai banyak orang berdasarkan kitab fiqih madzhab Syafi'i hukumnya adalah makruh. Abu Ishaq As-Syirazi, Al-Muhadzdzab fi Fiqhil Imamis Syafi'I, juz II menjelaskan tentang hal ini yang berbunyi,

BACA JUGA:Imam Mahdi Salah Satu Tanda Kiamat, Begini Ciri Kedatangannya Kelak

"Karenanya apabila orang tersebut tidak disukai oleh sedikit orang maka ia tidak makruh menjadi imam mereka, karena tidak ada seorang pun yang semua orang menyukainya,"

Sedangkan hukum makruh tersebut diketahui tidak berlaku untuk makmum yang diimaminya. Itulah dua hal tentang hukum menjadi imam sholat berjamaah yang seringkali kita jumpai.

2. Syarat Imam Sholat Berjamaah

Sejumlah riwayat menyebutkan tentang syarat menjadi imam sholat berjamaah yang harus dipenuhi. Sehingga dengan terpenuhi syarat tersebut tentunya diharapkan ibadah yang dijalankan dapat lebih sempurna. Ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

"Jika para imam yang shalat dengan kalian itu benar maka pahala bagi kalian semua, akan tetapi jika mereka melakukan kesalahan, bagi kalian pahalanya, kesalahannya hanya ditanggung oleh para imam tersebut."

BACA JUGA:Sejarah Minuman Keras Haram, Ternyata Berawal dari Sahabat Nabi Jadi Imam tapi Salah Bacaan

Sedangkan syarat menjadi imam sholat berjamaah dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: