Iklan dempo dalam berita

Untuk Calon Mahasiswa Baru, Berikut Cara Daftar Dan Mendapatkan KIP Kuliah 2024, Siapkan Dokumen Ini

Untuk Calon Mahasiswa Baru, Berikut Cara Daftar Dan Mendapatkan KIP Kuliah 2024, Siapkan Dokumen Ini

Untuk Calon Mahasiswa Baru, Berikut Cara Daftar Dan Mendapatkan KIP Kuliah 2024, Siapkan Dokumen Ini--Foto ilustrasi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Pendidikan tinggi merupakan hak bagi setiap individu, namun tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mengaksesnya. Khususnya bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan finansial, biaya kuliah yang tinggi dapat menjadi hambatan besar. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia merancang program KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar Kuliah) sebagai upaya untuk membantu masyarakat agar dapat mengenyam pendidikan tinggi.

BACA JUGA:6 Universitas ini Bisa Jadi Referensi Anda yang Mau Kuliah di Jurusan Hukum dan Masuk Rangking Dunia

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah adalah program beasiswa yang ditawarkan pemerintah Indonesia kepada siswa berprestasi yang memiliki keterbatasan finansial. Jika Anda merupakan calon mahasiswa yang berkeinginan untuk mendapatkan beasiswa ini pada tahun 2024, maka artikel ini hadir sebagai panduan lengkap untuk Anda mendaftar KIP Kuliah.

BACA JUGA:Masih Bingung Mau Kuliah di Mana? Ini Rekomendasi Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS WUR

Cara Mendapatkan KIP Kuliah 2024

Sebagai calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi. Anda perlu membuat akun KIP Kuliah di situs web resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Terlebih dahulu. Biasanya, pendaftaran akun KIP Kuliah, dibuka dari awal tahun sampai akhir tahun, seperti pada masa pendaftaran KIP Kuliah 2023 lalu, yang dibuka sejak bulan Februari dan berakhir pada bulan November lalu.

Namun, perlu Anda perhatikan bahwa pendaftaran akun KIP Kuliah tidak menjamin Anda akan berstatus sebagai penerima KIP Kuliah 2024. Anda harus melewati proses validasi dan verifikasi semua berkas oleh pihak perguruan tinggi terlebih dahulu, untuk menjadi mahasiswa KIP Kuliah 2024. 

Jika Anda gap year yang sudah memiliki akun KIP Kuliah sebelumnya, Anda tidak perlu mendaftar ulang untuk mendapatkan kartu KIP 2024. Akun yang Anda miliki sebelumnya, masih dapat digunakan untuk semua jenis seleksi penerimaan mahasiswa baru. Untuk proses pendaftaran akun KIP Kuliah, sebaiknya Anda lakukan secara mandiri. Namun beberapa perguruan tinggi dapat melakukan pendaftaran atas mahasiswa yang sudah diterima dan telah melakukan registrasi.

BACA JUGA:Segini Besaran Biaya yang Diterima Penerima KIP Kuliah, Bisa Cair Rp 12 Juta Per Semester

Prosedur yang tepat untuk mendapatkan KIP Kuliah 2024 bagi calon mahasiswa baru:

1. Yang pertama, Anda harus melakukan login terlebih dahulu saat melakukan pendaftaran KIP Kuliah 2024 di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

2. Untuk login, Anda harus mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) serta mengisi alamat email yang aktif sesuai dengan prosedur.

3. Anda harus mengisir NIK dengan benar, karena akan dilakukan verifikasi dan validasi terhadap NIK Anda untuk sinkronisasi atau pemadanan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial serta basis data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Pemadanan data ini dilakukan di Pusat data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

BACA JUGA:Pilihan Menarik, Berikut Ini Jurusan Kuliah yang Super Langka di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: