Iklan dempo dalam berita

Begini Pedoman dan Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha Yang Benar

Begini Pedoman dan Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha Yang Benar

--

Selain di waktu itu, waktu yang dilarang untuk melakukan sholat lainnya yaitu pada saat matahari berada ditengah langit cakrawala hingga bergeser ke Barat. Waktu yang disebut dengan istiwa’ yaitu matahari yang tepat berada di atas kepala.

Sementara untuk jumlah rakaatnya, Sholat sunnah ini biasanya dikerjakan mulai dari 2, 4, 8, hingga sampai12 rakaat rakaat, dengan melakukan salam ditiap dua rakaatnya. Ini sesuai dengan hadis :

Dari Ummu Hani’ bin Abi Thalib, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah mengerjakan sholat dhuhah sebanyak 8 rakaat, Beliau mengucap sala,” (HR. Abu Dawud)

BACA JUGA:Langsung Kerjakan! Amalan Dzikir Pelancar Rezeki Sesuai Sunnah Nabi dari Syekh Ali Jaber

Hadis lain yang juga mengatakan mengenai pentingnya sholat Dhuhah

“Barangsiapa yang sholat duha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

BACA JUGA:Pembuka Pintu Rezeki Paling Ampuh dengan Dzikir Asmaul Husna, Ini Bacaan dan Cara Mengamalkannya

Mengnai tata caranya sebenarnya tidak ada bedanya dengan cara melaksanakan sholat sunnah lainnya, misallnya sholat Tahajud. Semua di awali dengan niat, pada saat melaksanakan solat Dhuhah di anjurkan membaca surat Ad- Dhuhah dan As-Syams, namun selain kedua surat itu diperbolehkan juga membaca surah pendek lainnya di dalam Al-Quran, ikuti dengan tata caranya :

1. Membaca niat shalat dhuhah

2. Takbiratul ihram, yang dilakukan setelah mebaca niat

3. Membaca do’a Iftitah

4. Membaca surah Al- Fatihah

5. Membaca Surah Ad- Dhuhah

6. Rukuk dengan Tuma’ninah

7. I’tidal dengan Tuma’ninah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: