Iklan dempo dalam berita

Operasi Lasik Mata Belum Dijamin BPJS Kesehatan? Tenang Ada Alternatif Lain yang Bisa di Coba

Operasi Lasik Mata Belum Dijamin BPJS Kesehatan? Tenang Ada Alternatif Lain yang Bisa di Coba

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM –  Salah satu cara untuk memperbaiki penglihatan adalah operasi lasik. Prosedur ini umumnya dilakukan oleh Dokter Spesialis Mata. Akan tetapi apakah operasi lasik mata dengan BPJS bisa dilakukan?

Hingga saat ini, biaya operasi lasik mata belum ditanggung oleh BPJS. Sebab, lasik mata bukanlah jenis operasi mata yang esensial atau wajib dilakukan.

Operasi ini termasuk pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk kosmetik atau estetika. Jadi, tidak ada bahaya atau ancaman kesehatan lanjutan apabila tidak melakukannya.

BACA JUGA: Tenang, Perawatan Gigi Sudah Ditanggung BPJS, Yuk Ketahui Kriteria dan Prosedurnya

Jenis operasi mata yang ditanggung BPJS bersifat pengobatan, misalnya tindakan operasi katarak. Namun, tentunya harus berdasarkan rekomendasi Dokter Spesialis Mata.

Sementara itu, untuk penanganan masalah rabun jauh, rabun dekat, ataupun silinder, BPJS bisa menanggung biaya untuk kacamata. Dengan begitu, periksa mata dengan BPJS juga dapat dilakukan.

Maka dari itu, jawaban dari pertanyaan apakah operasi lasik bisa menggunakan BPJS adalah tidak bisa dilakukan dengan tujuan kosmetik atau estetika. 

Namun, pada kondisi tertentu, operasi lasik mata dengan BPJS masih memungkinkan apabila ada persyaratan lain yang terpenuhi.

BACA JUGA:Ditanggung BPJS Kesehatan, Pengobatan Penyakit THT Gratis Tanpa Biaya, Ketahui Kriteria hingga Prosedurnya

Berikut ini persyaratan yang memungkinkan operasi lasik mata dengan BPJS Kesehatan:

- Kondisi ablasio retina

Hanya beberapa jenis penyakit mata yang ditanggung oleh BPJS. Misalnya adalah ablasio retina, yaitu kondisi darurat ketika retina terlepas dari epitel karena kecelakaan atau faktor usia.

Operasi ablasio retina termasuk jenis tindakan operasi darurat yang harus segera dilakukan karena berisiko untuk membuat pasien mengalami kebutaan. 

Untuk operasi semacam ini, BPJS akan menanggung biayanya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kemungkinan dilakukannya operasi lasik mata dengan BPJS, bersamaan operasi ablasio retina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: