Iklan dempo dalam berita

Kantong Harus Tebal, 8 Jurusan Kuliah Ini Terkenal Dengan Biaya Mahal, Kamu Berani Coba?

Kantong Harus Tebal, 8 Jurusan Kuliah Ini Terkenal Dengan Biaya Mahal, Kamu Berani Coba?

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Saat ini sudah banyak tersedia beasiswa yang membuat proses studi lebih ringan. Namun tidak semua calon mahasiswa dapat beruntung untuk mendapatkannya, ada sebagian orang yang harus membayar. Jurusan kuliah memang menjadi salah satu faktor penting ketika kita memilih melanjutkan ke perguruan-perguruan tinggi. Rata-rata biaya pendidikan yang dibutuhkan mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

BACA JUGA:Dapat Rp 600.000 di Bulan November 2023, Begini Cara Mencairkan KIS BPJS Kesehatan

Mahasiswa pun harus meminta bantuan pada orang tua atau berusaha membiayai studinya hingga lulus. Biaya untuk menyelesaikan kuliah sangat bervariasi. Selama ini, masih ada pandangan bahwa jurusan di kampus swasta lebih mahal dibandingkan kuliah di kampus negeri. 

Padahal, pemikiran itu tidak sepenuhnya benar karena di kampus negeri pun terdapat jurusan yang membutuhkan biaya tinggi untuk bisa menyelesaikannya. Pada akhirnya, orang-orang mengenal jurusan tersebut dengan jurusan yang mahal.

BACA JUGA:Negara Rugi 163 Juta, Ketua Koni Kepahiang Klaim Untuk Bayar Hutang Ini

Lantas apa saja jurusan kuliah yang dikenal mahal? 

- Kedokteran

Jurusan kedokteran memang dikenal sebagai salah satu jurusan kuliah termahal perlu ditempuh oleh setiap mahasiswanya. Memang jurusan ini banyak peminat, tetapi biaya operasional yang dibutuhkan pun memang perlu merogoh kocek cukup dalam.

Di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memerlukan uang pangkal sebesar puluhan hingga ratusan juta untuk menempuh studi di jurusan tersebut. Untuk biaya jurusan kedokteran ini satu semester sendiri rata - rata mencapai Rp 10 juta hingga Rp20 jutaan. 

BACA JUGA:Ini Dia 18 Jurusan Paling Dicari Dunia Kerja, Lulusannya Banyak Dibutuhkan

Biaya ini belum mencakup kegiatan lain yang menunjang pembelajaran, total biaya yang perlu disiapkan hingga tahap penyelia akhir akan berkisar Rp 150 juta hingga mencapai lebih dari Rp 500 juta tergantung kebijakan masing-masing kampus.

- Penerbangan

Jurusan penerbangan juga jadi salah satu jurusan kuliah yang memerlukan biaya mahal.

Biaya yang diperlukan cukup fantastis yakni sebesar Rp500 juga hingga Rp800 juta, namun prospek kerja dari jurusan ini memang cukup menjanjikan, yakni sebagai pilot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: