Iklan dempo dalam berita

Kenapa Septic Tank Cepat Penuh? Lakukan Cara Ini agar Tidak Sering Panggil Tukang Sedot

Kenapa Septic Tank Cepat Penuh? Lakukan Cara Ini agar Tidak Sering Panggil Tukang Sedot

Penyebab septic tank cepat penuh dan cara mengatasinya--

6. Sedot septic tank tidak tuntas

Kesalahan berikutnya yang membuat septic tank cepat penuh ialah praktik penyedotan septic tank sampai habis. Memang jadi bersih dan terkesan tuntas, tapi cara ini bikin bakteri pengurai berkurang drastis sehingga butuh waktu lama untuk bisa melakukan tugasnya seperti semula.

Pembersihan atau pengurasan secara berkala jadi hal wajib yang bisa kamu lakukan untuk mencegah septic tank yang kepenuhan. Septic tank yang jarang disedot akan mengakibatkan sumbatan dan aroma yang kurang sedap pada toilet.

BACA JUGA:Ini Daftar Kades Terpilih 11 Desa di Kaur, Ketahui juga Gaji dan Tunjangan Kades

Penyebab Septic Tank Meledak

1. Minimnya ventilasi dan sifon

Sistem ventilasi yang tidak memadai pada tangki septik dapat menyebabkan akumulasi gas metana yang berbahaya di dalamnya. Jika gas metana terperangkap dan tidak dikeluarkan dengan baik, tekanan gas dapat meningkat dan risiko ledakan semakin besar. 

Perlu kamu ketahui bahwa sistem sifon yang tidak berfungsi dengan baik, juga dapat menyebabkan penumpukan gas berbahaya.

2. Penggunaan bahan kimia yang terlalu berlebih

Penggunaan bahan kimia yang berlebihan dalam tangki septik, seperti pembersih atau penghilang bau yang mengandung bahan kimia berbahaya, nyatanya dapat mengganggu keseimbangan alami dalam proses penguraian limbah. 

Hal ini juga dapat memicu timbulnya reaksi yang tidak diinginkan dan mempercepat produksi gas yang berpotensi meledak di dalam tangki.

BACA JUGA:Petaka Marison dan Ayu, Awalnya Dikenal Keluarga Harmonis Namun Sayang Berakhir Tragis

3. Limbah rumah tangga yang sudah menumpuk

Jika tangki septik tidak dikuras secara teratur dan limbah rumah tangga menumpuk dalam jumlah yang berlebihan, dapat terjadi peningkatan produksi gas metana. 

Penting untuk kamu ketahui, limbah yang terlalu banyak dapat membebani sistem penguraian dan menghasilkan gas berbahaya yang berpotensi meledak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: