Iklan dempo dalam berita

5 Perbuatan yang Membuat Rezeki Seret, Jangan Lakukan jika Tidak Mau Hidup Miskin

5 Perbuatan yang Membuat Rezeki Seret, Jangan Lakukan jika Tidak Mau Hidup Miskin

5 perbuatan yang membuat hidup miskin rezeki seret--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Rezeki adalah urusan yang utama bagi manusia. Setiap hari bekerja, banting tulang demi mendapatkan rezeki. Namun tahukah Anda jika ada perbuatan yang membuat rezeki menjadi seret. 

Rezeki yang sudah disiapkan oleh Allah SWT dapat terhalang pada seseorang karena sebab tertentu. Syaikh Al Zarnuji dalam Kitab Ta'limul Muta'alim menyebutkan, perkara utama yang menghambat datangnya rezeki adalah banyaknya dosa yang dikerjakan seorang muslim.

Keterangan ini dilandasi pula dalam sabda Rasulullah SAW, "Sesungguhnya seseorang pasti terhalang dari rezeki dikarenakan dosa yang dilakukannya. Sesungguhnya takdir tidak dapat dicegah kecuali dengan doa. Dan, sesungguhnya tiada yang dapat menambahkan umur kecuali kebajikan." (HR Ahmad)

BACA JUGA:Dijamin Debt Collector Menyerah, Lakukan 5 Hal Berikut, Jadi Nasabah juga Harus Cerdik

Untuk itu, muslim perlu memahami beberapa perbuatan dosa tersebut yang menjadi faktor penghambat datangnya rezeki. Apa saja?

1. Syirik

Dikutip dari Lestari Ummu Al-Fatih dalam buku 99 Pesan Rasulullah untuk Perempuan, syirik termasuk perkara utama yang menjadi penghalang pintu rezeki seseorang. Rezeki yang dimaksud tersebut adalah rezeki berupa terpenuhinya kebutuhan hidup dan rasa aman.

Perihal perintah untuk menjauhi perbuatan syirik sudah pernah ditegaskan dalam surah Quraisy ayat 3-4. Allah SWT berfirman,

فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ

الَّذِيْٓ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ەۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ ࣖ

Artinya: Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan (pemilik) rumah ini (Ka'bah), yang telah memberi mereka makanan untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa takut.

BACA JUGA:Jangan Dibuang, Karpet Telur Bisa jadi Sarana Menanam Bawang Merah, Ikuti Langkahnya

2. Tidur di Waktu Subuh

Larangan tidur di waktu Subuh pernah dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW. Bersumber dari Ibnu Abbas RA, berikut bunyi haditsnya,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: