Iklan dempo dalam berita

Sudah Pernah Dengar Kisah Ashabul Kahfi, tapi di Mana Letak Goanya?

Sudah Pernah Dengar Kisah Ashabul Kahfi, tapi di Mana Letak Goanya?

Lokasi goa peristiwa ashabul kahfi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kisah Ashabul Kahfi sudah banyak diketahui. Terutama umat Islam. Kisah ini menunjukkan kuasa Allah SWT. selain itu kisah tersebut juga dijelaskan dalam Al Quran.

Ashabul Kahfi termaktub dalam QS Al-Kahf, surah ke-18 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 110 ayat. Dalam surah ini dikisahkan tujuh pemuda sebelum zaman Nabi Muhammad SAW yang tertidur di dalam sebuah goa selama 309 tahun.

Tujuh pemuda tersebut tertidur di dalam sebuah goa dalam waktu yang sangat lama, dalam rangka menyelamatkan diri dari ancaman hukuman mati karena tidak mau menyembah berhala. 

Selama pelariannya, mereka diikuti oleh seekor anjing yang tidak mau pergi, meski telah diusir berulang kali.

BACA JUGA:Jangan Buru-buru ke Dokter, Redakan Nyeri Asam Lambung dengan Konsumsi Air Mineral pH Tinggi, Pilih Merek Ini

Kisah Ashabul Kahfi merupakan kisah yang sarat akan pelajaran yang bisa kita ambil sebagai pedoman dalam menjalani hidup terutama dalam iman dan ketakwaan. 

Untuk lebih memahami apa nilai-nilai yang bisa kita ambil dari kisah Ashabul Kahfi, berikut kisah selengkapnya.

Lokasi Gua Ashabul Kahfi

Jika Alquran menceritakan kisah tentang apa yang terjadi di masa lalu, maka kisah tersebut benar-benar terjadi nyata, baik tokoh-tokohnya maupun lokasi di mana kisah tersebut terjadi. 

Hanya saja ada kisah di mana tokoh dan lokasinya disebutkan secara detail, namun ada kisah dan tokoh yang tokoh dan lokasinya tidak dijelaskan secara rinci.

BACA JUGA:Gak Usah Repot Keluar Duit, Hanya Pakai Bahan Dapur, Nyamuk dan Lumut Lenyap dari Toren

Namun, kisah Ashabul Kahfi merupakan salah satu kisah dalam Alquran yang nama tokoh dan lokasi tempat terjadinya juga dapat ditelusuri. Beberapa sumber mengatakan bahwa ada puluhan lokasi di dunia yang diklaim menjadi lokasi sesungguhnya dari gua Ashabul Kahfi.

Ada yang mengatakan bahwa peristiwa ini terjadi di wilayah Suriah, ada juga yang bilang di Efesus. Namun, berdasarkan pendapat beberapa ahli, lokasi yang paling sesuai dengan yang tertulis di Alquran adalah yang berada di Yordania.

Hal ini bisa terlihat dari detail goa seperti yang dijelaskan dalam ayat-ayat surat Al Kahfi, yaitu masih dapat kita lihat reruntuhan seperti bekas tempat peribadatan dari tepat di atas goa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: