Iklan dempo dalam berita

Cerita Bangunan Bersejarah, Masjid Istiqlal Ternyata Dirancang Orang Non Muslim

Cerita Bangunan Bersejarah, Masjid Istiqlal Ternyata Dirancang Orang Non Muslim

Masjid Istiqlal yang nan megah itu ternyata dirancang orang non muslim--

Singkat cerita, Bandung Bondowoso kemudian jatuh cinta pada putri negeri Prambanan, Roro Jonggrang karena kecantikannya.

Bandung Bondowoso meminang Roro Jonggrang sebagai istrinya. Namun, pernyataan Bandung Bondowoso itu justru membuat Roro Jonggrang bimbang karena dipinang oleh orang yang membunuh sang ayah saat peperangan. 

Roro Jonggrang pun mendapatkan ide agar Bandung Bondowoso gagal menikahinya. Roro Jonggrang akhirnya mengajukan sebuah syarat berat pada Bandung Bondowoso. 

Ia meminta dibangunkan seribu candi dan dua buah sumur dalam satu malam. Bandung Bondowoso yang mendengar syarat itu pun menyanggupinya. 

Ia merasa percaya diri karena memiliki bala tentara jin. Pada malam hari, Bandung Bondowoso pun mengumpulkan bala tentaranya dan memerintahkan mereka untuk membuat permintaan Roro Jonggrang. 

Bala tentara itu melakukan pekerjaan dengan sangat cepat. Mengetahui hal itu, Roro Jonggrang pun panik dan mencari ide lain untuk menggagalkan Bandung Bondowoso.

Roro Jonggrang akhirnya membuat tipuan curang dengan membuat seolah-olah suasana telah pagi hari. Ia mengumpulkan para dayang agar membakar jerami dan membunyikan lesung dan menaburkan bunga agar berbau wangi. 

Bau wangi dari bunga itulah yang kemudian membuat ayam berkokok dan semakin meyakinkan suasana telah pagi. Langit yang terlihat kemerahan akibat bakaran jerami bunyi lesung dan ayam berkokok pun membuat bala tentara Bandung Bondowoso pergi karena menyangka telah pagi. 

BACA JUGA:Mau Dapat Rice Cooker Gratis Pemerintah? Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Melihat kepergian bala tentaranya Bandung Bondowoso pun marah. Namun, Bandung Bondowoso tak lagi didengar dan bala tentaranya tetap pergi. 

Bandung Bondowoso pun gagal memenuhi syarat Roro Jonggrang. Melihat hal tersebut, Roro Jonggrang bahagia dan mengatakan jika Bandung Bondowoso gagal memenuhi syaratnya. 

Mendengar ucapan Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso semakin marah karena merasa dicurangi. Ia pun mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang ke seribu dan menyempurnakan candi seribu. Dengan kesaktiannya kutukan Bandung Bondowoso itu pun terjadi.

Sama seperti situs bersejarah lainnya Candi Prambanan juga menyimpan berbagai mitos yang kental. Uniknya, mitos di Candi Prambanan salah satunya berkaitan dengan kepercayaan perihal asmara pengunjung yang datang berkunjung. 

Sudah jadi rahasia umum, jika Candi Prambanan terkenal dengan mitos hubungan cinta Bandung Bondowoso yang kandas. Maka dari itu, ada mitos barang siapapun pasangan kekasih yang bersama-sama memasuki ruangan Roro Jonggrang di Candi Prambanan dipercaya akan berpisah dalam kurun waktu beberapa hari.

2. Masjid Istiqlal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: