Iklan dempo dalam berita

Inilah 5 Bangunan Bersejarah yang Wajib untuk Dikunjungi Ketika Berada di Kalimantan Utara

Inilah 5 Bangunan Bersejarah yang Wajib untuk Dikunjungi Ketika Berada di Kalimantan Utara

5 Bangunan Bersejarah yang Wajib untuk Dikunjungi Ketika Berada di Kalimantan Utara--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Provinsi Kalimantan Utara memiliki sejumlah bangunan bersejarah yang kaya akan nilai historis dan budaya. Inilah 5 bangunan bersejarah di Kalimantan Utara yang layak untuk dikunjungi.

BACA JUGA:3 Bangunan Bersejarah di Banten, Keindahan Arsitektur dan Budaya yang Khas Memikat Wisatawan

Bangunan-bangunan ini tidak hanya menjadi saksi bisu peristiwa masa lalu, tetapi juga merupakan aset penting yang memperkaya warisan budaya daerah. 

Berikut ini adalah beberapa bangunan bersejarah di Kalimantan Utara yang layak untuk dikunjungi:

1. Situs Bersejarah Perang Dunia II

Tidak banyak yang tahu bahwa Tarakan merupakan daerah pertama di Indonesia yang didatangi oleh Jepang saat meletusnya Perang Dunia II di Asia Pasifik. 

Bukti sejarah ini masih ada dan dapat ditemui di Tarakan hingga saat ini. Situs-situs bersejarah tersebut sedang dalam proses restorasi oleh pihak berwenang.

BACA JUGA:14 Rekomendasi Tempat Wisata di Kalimantan Barat, Surganya Tempat Liburan!

Menariknya, banyak dari situs bersejarah Perang Dunia II di Tarakan yang kini ditempati oleh penduduk lokal. Hal ini terjadi karena tanah di lokasi situs tersebut dimiliki oleh masyarakat secara administratif. 

Untuk melestarikan peninggalan sejarah ini, sebagian besar situs bersejarah tersebut telah dibeli oleh Pemerintah Kota Tarakan dan dijadikan sebagai cagar budaya. 

BACA JUGA:Waktunya Liburan! Ini 9 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Timur, Cocok untuk Ajak Keluarga

Salah satu peninggalan sejarah Perang Dunia II yang ada di Tarakan adalah meriam Belanda, yang lokasinya berada di Peningki Lama, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur. 

Peninggalan ini memberikan gambaran nyata tentang masa-masa sulit selama perang dan peran penting yang dimainkan oleh Tarakan dalam sejarah perang dunia di Indonesia.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Tengah, Mulai dari Arsitektur Bersejarah hingga Wisata Alam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: