Iklan dempo dalam berita

Kota Suci yang Bergema di Hati Umat Muslim, Kristen dan Yahudi, Ribuan Tahun Diperebutkan

Kota Suci yang Bergema di Hati Umat Muslim, Kristen dan Yahudi, Ribuan Tahun Diperebutkan

Sejarah kota Al Quds, salah satu kota suci bagi umat Islam--

Di dalam wilayah Kristen terdapat Gereja Makam Kudus, yang menjadi situs penting bagi umat Kristen di seluruh dunia. Situs ini berada di tengah sejarah perjalanan Yesus, kematiannya, penyaliban dan kebangkitan.

Menurut tradisi Kristen, Yesus disalib di sana, di Golgotha atau bukit Calvary, makamnya yang kosong berada di dalam gereja dan juga menjadi lokasi kebangkitannya.

Gereja dikelola secara bersama oleh perwakilan kaum Kristen yang berbeda, sebagian besar dari Patriarkat Ortodok Yunani, Biara Fransiskan dari Gereja Katolik Roma, dan Patriarkat Armenia, tetapi juga Ethiopia, Koptik, dan Gereja Ortodoks Suriah. Lokasi ini merupakan tempat tujuan ziarah bagi jutaan umat Kristen di seluruh dunia.

BACA JUGA:Anak Kecanduan Gadget, Ini 5 Cara Mengatasinya, Nomor 3 Sangat Mudah

3. Tembok

Wilayah Yahudi merupakan tempat bagi Kotel, atau Tembok Barat atau dikenal sebagai Tembok Ratapan, yang merupakan bagian dari dinding bagian yang tersisa dari bangunan Bait Suci.

Di dalam candi dulu merupakan terdapat ruang Maha Kudus, yang merupakan situs suci bagi umat Yahudi. Kaum Yahudi percaya bahwa lokasi ini merupakan lokasi batu pondasi penciptaan bumi, dan tempat dimana Ibrahim bersiap untuk mengorbankan anaknya Ismail.

Hari ini, Tembok Ratapan merupakan tempat terdekat bagi kaum Yahudi untuk berdoa ke Maha Kudus. Lokasi ini dikelola oleh Rabi dan setiap tahunnya jutaan orang Yahudi dari seluruh dunia melakukan ziarah ke sana.

BACA JUGA:Ibu-ibu, Bansos PKH Kategori Balita Rp750.000 Cair Lagi Bulan Oktober

Ribuan Tahun Bertikai

Dunia kini disibukkan dengan kisruh tentang siapa yang paling pantas menguasai Yerusalem. Baik Palestina dan Israel sama-sama mengklaim kota suci itu sebagai ibukotanya berdasarkan tulisan pada kitab suci masing-masing, termasuk sejarah yang rumit.

Dalam sejarahnya, sejak ribuan tahun lalu peristiwa berdarah yang menelan korban jiwa tak terhingga dalam memperebutkan Yerusalem.

Berikut sejarah rumit peradaban kota Yerusalem, yang merupakan tempat suci bagi umat Muslim, Kristen dan Yahudi tersebut.

Menurut Kitab Suci Perjanjian Lama, Daud, raja untuk kerajaan Yehuda dan Israel, menaklukkan Yerusalem dari orang-orang Yebus sekitar tahun 1000 Sebelum Masehi. 

BACA JUGA:Oktober Bikin Senyum, Bansos PKH Tahap 4 Cair, Kartu Prakerja Gelombang 62 Dibuka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: