Iklan dempo dalam berita

BMKG Sebut Kemarau Panjang Sampai Awal 2024, 7 Daerah Ini Terancam Panas Kering

BMKG Sebut Kemarau Panjang Sampai Awal 2024, 7 Daerah Ini Terancam Panas Kering

BMKG Sebut Kemarau Panjang Sampai Awal 2024, 7 Daerah Ini Terancam Panas Kering--

BACA JUGA:Dampak El Nino, Harga Beras Bulog Naik jadi Rp 11.500 per Kilogram

“Jawa Barat ini banyak sawah, kalau mereka terkena dampak El Nino yang cukup parah, maka harus melakukan langkah siaga, seperti mengelola air hujan, atau memanen air hujan seperti di Sulawesi Tengah,” tuturnya.

 

Sementara itu, BMKG mencatat suhu terpanas pada Agustus terjadi di Aceh, dengan suhu terdingin tercatat di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Wilayah Indonesia pada Agustus hingga Oktober mengalami puncak pengaruh fenomena El Nino. Efeknya adalah panas dan kering buntut curah hujan yang menurun drastis.

El Nino adalah fenomena pemanasan suhu permukaan laut di Samudera Pasifik yang memicu penurunan curah hujan global. Menurut BMKG, El Nino dapat bertahan hingga akhir tahun.

BACA JUGA:Waspada! Dampak El Nino September 2023, Produksi Beras dan Kelapa Sawit Bisa Anjlok

Pada Agustus, hasil monitoring dinamika atmosfer dan laut BMKG menunjukkan indeks ENSO (anomali suhu muka laut pada wilayah Nino 3.4) bernilai 1,42 derajat Celcius yang mengindikasikan kondisi El Nino Moderat.

Sementara itu, Indeks Dipole Mode bernilai 0,98 derajat Celcius yang menunjukkan kondisi IOD (Indian Ocean Dipole, fenomena sejenis El Nino di Samudera Hindia) Positif.

Hal tersebut membuat rata-rata anomali suhu muka laut sekitar wilayah Indonesia umumnya hangat dengan anomali suhu muka laut (SST) 0,99 derajat Celcius.

Berdasarkan Buletin Informasi Iklim September, BMKG mengungkap sejumlah rekor panas tercipta saat musim kemarau ditemani duet El Nino dan IOD.

Lembaga tersebut mengungkap suhu tertinggi sendiri tercatat di Stasiun Meteorologi Sultan Iskandar Muda, Aceh, pada Jumat, 4 Agustus 2023, dengan suhu 36,3 derajat Celcius.

BACA JUGA:Dampak Parah El Nino, Luas Panen Padi dan Produksi Beras Susut, Bengkulu Ratusan Hektare Sawah Kering

Sementara, suhu terendah tercatat di Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega, Nusa Tenggara Timur pada Selasa, 22 Agustus 2023, dengan suhu 10 derajat Celcius.

Di saat yang sama, BMKG juga mengungkap rekor curah hujan harian tertinggi yang mencapai 238,5 mm per hari yang terjadi di Karang Pulau, Bengkulu, pada Senin, 18 Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: