Iklan dempo dalam berita

Perhatian Warga Medan Belawan, Ada Prediksi Banjir Rob 3-9 Juni Ini, Ketinggian Gelombang hingga 2,6 Meter

Perhatian Warga Medan Belawan, Ada Prediksi Banjir Rob 3-9 Juni Ini, Ketinggian Gelombang hingga 2,6 Meter

Waspada, ada prediksi banjir rob di Medan Belawan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Perhatian warga Medan Belawan, ada prediksi banjir Rob 3-9 Juni ini, ketinggian gelombang hingga 2,6 meter.

Mengutip dari situs resmi Geografi UGM, banjir rob adalah pola fluktuasi muka air laut yang dipengaruhi oleh gaya tarik benda-benda angkasa, terutama oleh bulan dan matahari terhadap massa air laut di bumi. Banjir rob juga disebut banjir pesisir atau banjir pasang surut air laut.

Banjir rob tersebut berpotensi terjadi di sejumlah perairan Indonesia mulai tanggal 1-10 Juni 2024. Salah satunya di Medan Belawan.

BACA JUGA:Simak ini Tabel Pinjaman KUR BNI Rp 50 Juta, Sukseskan Usaha dengan Tenor Panjang dan Cicilan Murah

Sebelumnya, Medan Belawan juga diterjang banjir rob pada 21-27 Mei 2024 lalu. Saat itu, ketinggian air pasang diprediksi mencapai 2,6 meter.

Baru-baru ini, banjir rob kembali diprediksi akan menerjang wilayah pesisir Belawan, Kota Medan dan sekitarnya. Banjir rob tersebut diprediksi akan berlangsung pada 3-9 Juni 2024.

Hal itu diketahui dari surat peringatan dini yang diunggah BMKG Stasiun Meteorologi KLS II Maritim Belawan di Instagram @bmkg.belawan.

"Masyarakat pesisir diimbau waspada adanya fenomena banjir pesisir (rob) yang diprediksi berpotensi terjadi pada tanggal 03-09 Juni 2024 di wilayah sebagai berikut, pesisir Belawan dan sekitarnya," demikian tertulis di surat dilihat Minggu (2/6/2024).

BACA JUGA:Siap Terapkan 2 Strategi Baru, Kapan Pemutihan Pajak Kendaraan 2024 di Riau? Simak Jadwalnya

Diprediksi pasang di atas 2,3 meter yang terjadi pada pukul 11.00-15.00 WIB. Pasang tertinggi diprediksi mencapai 2,6 meter.

"Ketinggian tersebut diukur dari titik surut terendah," tulis dalam surat.

Banjir rob ini diprediksi akan mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar Belawan, termasuk proses bongkar muat di pelabuhan.

"Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan," ujarnya.

Prediksi Pemukiman yang Terdampak Banjair Rob

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: