Iklan dempo dalam berita

Warga Harus Tahu, Ini 10 Dampak El Nino Bagi Kesehatan, Nomor 9 Menakutkan

Warga Harus Tahu, Ini 10 Dampak El Nino Bagi Kesehatan, Nomor 9 Menakutkan

Warga Harus Tahu, Ini 10 Dampak El Nino Bagi Kesehatan, Nomor 9 Menakutkan--

BACA JUGA:Kajian Ustadz Adi Hidayat, Seperti Ini Dialog Nabi Muhammad dan Jibril Tentang Hari Kiamat

Hemat Air

Plt Deputi Klimatologi BMKG Ardhasena Sopaheluwakan mengatakan, sepanjang musim kemarau ini, sektor pertanian akan dapat terdampak, terutama lahan pertanian tadah hujan yang masih menggunakan sistem pertanian tradisional yang sangat bergantung pada iklim dan curah hujan.

Selain itu, kondisi kekeringan ini juga dapat menjadi kondisi yang berujung kepada bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang jika tidak terkendali dapat menimbulkan krisis kabut asap yang tidak hanya berdampak terhadap kualitas lingkungan, tetapi juga ekonomi, sosial, hingga kesehatan masyarakat.

BACA JUGA:Teliti Sebelum Meminjam, Ini Kemudahan 3 Jenis KUR BRI 2023

“Belum lagi, pada musim kemarau, udara akan menjadi lebih kering dan banyak debu sehingga juga sangat rentan terhadap penyebaran penyakit," ujar dia.

Ardhasena juga mengingatkan semua pihak untuk menghemat penggunaan air di dalam maupun di luar rumah. Kemarau kering yang melanda akibat El Nino dan IOD Positif diperkirakan membuat debit air sungai maupun sumber mata air mengalami penurunan sehingga dapat berdampak pada ketersediaan dan pasokan air bersih.

BACA JUGA:Ini Rekomendasi KUR di 4 Bank dengan Bunga Paling Rendah, Cepat Manfaatkan Sebelum Dananya Habis

“Gunakan bak penampung guna mengantisipasi kelangkaan air. Biasakan matikan kran saat tidak digunakan, atur jadwal menyiram tanaman dan mencuci kendaraan, pakailah air sesuai kebutuhan," kata dia.

Harga Beras Belum Turun

Terpisah, Presiden Jokowi memeriksa langsung harga sembako di Pasar Merdeka, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis. Jokowi menyoroti harga beras yang belum juga turun.

Ia melihat harga komoditas pangan cukup terkendali, bahkan cabai juga bawang mengalami penurunan harga. Namun harga beras masih tergolong tinggi dan belum mengalami penurunan.

BACA JUGA:Tanpa Bersusah Payah Rezeki akan Datang, Syaratnya Awali Hari dengan Sedekah Subuh

“Yang masih belum turun beras, tapi tadi saya lihat beras Bulog sudah mulai masuk. Kita harapkan dengan operasi pasar yang dilakukan Bulog harga juga akan bisa turun beras ya," kata Jokowi mengutip siaran Sekretariat Presiden, Kamis.

Saat ini beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) dari gudang Perum Bulog juga tengah digelontorkan ke pasar. Selain itu pemerintah memperbesar cadangan strategis beras melalui impor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: