Daftar 10 Negara yang Pernah Ganti Nama, Bagaimana dengan Indonesia Setelah Pindah Ibu Kota?

Selasa 11-06-2024,14:07 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Pengubahan nama Republik Makedonia Utara ini didorong oleh konflik hingga menimbulkan perselisihan dengan negara Yunani. Negara ini juga memiliki wilayah bernama Makedonia.

Di Yunani, wilayah Makedonia terletak di bagian utara pegunungan Yunani dan menjadi kota terbesar kedua di negaranya. Selama 27 tahun, Yunani dan Makedonia berada di bawah tekanan dalam penyelesaian masalahnya.

BACA JUGA:Pembagian Hewan Kurban yang Benar, Begini Syarat dan 9 Ketentuannya

8. Myanmar

Salah satu negara di Asia Tenggara, yaitu Myanmar, memiliki nama lawasnya yakni Burma. Perubahan nama pada tahun 2019 ini tidak turut mengubah gelar negara Republik Persatuan Myanmar.

Sama halnya dengan Republik Ceko, di negara Myanmar, nama Myanmar dalam bahasa Burma merupakan versi yang lebih formal dari Burma. Ini disebut sebagai sulap linguistik yang dapat menipu beberapa orang.

Tujuan pengubahan nama negara Myanmar adalah sebagai upaya pemerintah untuk mengadopsi nama yang lebih inklusif bagi semua etnis di negara tersebut.

9. Thailand

Sebelum diubah, Thailand bernama Siam. Nama Siam diambil dari bahasa Sanskerta, yaitu syam. Lalu kata tersebut diadopsi oleh Portugis dan diterima sebagai istilah Geografis.

Perubahan terjadi ketika bangsa Phibun bertekad menuju dunia modern dan menonjolkan identitas unik mereka. Langkah tersebut merupakan langkah anti-China yang memunculkan slogan 'Thailand untuk orang Thailand'.

BACA JUGA:Bolehkah Berkurban untuk Orang yang Sudah Meninggal? Ini Penjelasan Hukumnya

10. Kamboja

Sebelum menjadi Kamboja, negara itu bernama Kampuchea. Melansir dari Khmer Post USA, nama Kampuchea sebagai identitas negara bermula dari sebuah wilayah yang memiliki nama serupa.

Pada masa itu, peperangan antar wilayah masih kuat terjadi hingga mengakibatkan pembagian kubu wilayah. Kemudian, nama itu terus digunakan sampai kekuasaan pemerintah Pol Pot.

Kemudian, Kampuchea resmi diubah menjadi Cambodia oleh Partai Rakyat Kampuchea pada 1989 untuk mendapatkan simpati internasional. Kata itu kemudian diserap ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Kamboja.

Lantas, bagaimana dengan Indonesia, apakah juga akan mengganti nama ibu kota negara setelah pindah ke Kalimantan?

Kategori :