Tidak Boleh Potong Kuku dan Rambut saat Idul Adha 2024, Mulai Kapan? Ini Jawabannya

Minggu 09-06-2024,15:49 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

6. Dihapus dosa-dosa dan keburukannya

7. Ungkapan rasa syukur
Sebagai umat Islam, saat mendapatkan rezeki sebaiknya dibarengi dengan rasa syukur kepada Allah SWT. Tak haya itu saja, perlu diingat jika rezeki yang didapat juga terdapat hak orang lain yang membutuhkan. Karenanya, dianjurkan berkurban bagi umat Islam yang mampu sebagai tanda kasih sayang dengan saling berbagi ke sesama.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam QS. Al-Kautsar ayat 1 dan 2, "Sungguh, Kami telah memberimu telaga kautsar, maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)." (QS. Al-Kautsar: 1 dan 2).

BACA JUGA:Gajinya Menggiurkan, Ini Ketentuan Persyaratan Pantarlih Pilkada 2024

8. Sebagai syiar agama
Keutamaan berkurban merupakan upaya syiar agama yang dapat dilakukan oleh setiap umat Muslim. Umat Muslim yang melaksanakan kurban sudah turut serta menyebarkan pesan atau syiar agama, yaitu tentang kewajiban berkurban yang diperintahkan Allah kepada Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail.

Dalam QS Al Hajj ayat 34,  “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa. Karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”

Demikianlah informasi tentang kapan mulai tidak boleh potong kuku dan rambut saat Idul Adha 2024? Semoga bermanfaat.

Tianzi Agustin

Kategori :