Listrik di Riau Mulai Normal, Adakah Pemadaman Selanjutnya? Ini Penjelasan Terbaru dari PLN

Kamis 06-06-2024,12:15 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

Cuaca ekstrem, seperti hujan dan angin, juga bisa menyebabkan gangguan listrik. Terlebih, apabila ada pohon atau ranting yang jatuh mengenai kabel listrik. Hal tersebut berpotensi membuat listrik padam di sebagian kawasan.

4. Terjadi Peningkatan Daya Listrik Secara Mendadak

Faktor internal penyebab listrik mati yaitu peningkatan daya yang terjadi secara tiba-tiba. Saat hujan deras, petir yang besar dan terjadi di dekat menara listrik, bisa membuat daya meningkat secara mendadak. Hal ini otomatis membuat listrik padam untuk mencegah terjadinya kebakaran karena kelebihan daya.

BACA JUGA:12 Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Primbon Jawa, No 5 Hasilnya Bikin Hoki jika Ditanam

5. Penggunaan Listrik yang Terlalu Tinggi di Rumah

Setiap rumah memiliki kapasitas listrik yang berbeda-beda dan akan berubah-ubah sesuai dengan penggunaan. 

Jika terlalu tinggi, bisa jadi rumah tersebut mengalami mati listrik secara tiba-tiba. Saat hal tersebut terjadi, cobalah untuk mematikan beberapa perangkat listrik atau mencabut kabel yang terhubung dengan arus listrik.

6. Banjir di Suatu Wilayah

Saat banjir terjadi, maka petugas PLN akan segera mematikan pasokan listrik di wilayah terdampak. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya seseorang tersetrum karena arus listrik. Secara otomatis tentu ini membuat listrik padam.

BACA JUGA:Cerita Sukses UMKM, KUR BRI Bawa Produsen Keripik Kulit Ikan “Rafins Snack” Mendunia

7. Ada Layang-layang Tersangkut

Faktor penyebab mati listrik tidak ada pada internal. Hal ini bisa pula disebabkan oleh faktor eksternal, seperti ada layangan yang tersangkut di kabel.

Umumnya, benang layang-layang membuat kabel listrik saling menempel atau terkena besi tiang. Jika hal ini terjadi, tentu listrik di sejumlah daerah akan mengalami pemadaman.

8. Gardu Listrik Rusak

Umumnya, di tiap titik suatu wilayah terdapat gardu listrik yang digunakan sebagai pemasok. Nah, ketika terjadi kerusakan pada gardu listrik, maka wilayah tersebut bisa jadi mengalami listrik padam. Pasalnya, pasokan listrik jadi tak ada lagi.

9. Aktivitas Penggalian Bawah Tanah

Kategori :